Jakarta (ANTARA News) - Model terbaru Honda Jazz akan hadir sebelum acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 yang akan berlangsung September.

"Sebelum IIMS," kata Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy saat dihubungi Antara awal pekan ini.

Honda Motor Company pertengahan bulan ini memperkenalkan all new Honda Fit (di Indonesia bernama Jazz) pada North America International Auto Show di Detroit, Amerika Serikat.

Menurut Jonfis, ada beberapa penyesuaian yang dilakukan untuk varian tersebut di Indonesia.

Penyesuaian tersebut, kata Jonfis, agar kendaraan itu cocok dengan kondisi jalan maupun iklim di Indonesia.

Dia mengatakan mesin yang akan dipakai pada Honda Jazz baru tidak akan jauh berbeda dengan mesin pada all new Honda Fit itu.

"Pada dasarnya sama. Tapi saya juga tidak bisa bilang pakai mesin yang sama," kata Jonfis. "Ada beberapa komponen yang memang berbeda karena penyesuaian lokasi distribusi," katanya.

Honda Motor Company dalam keterangannya seiring perkenalan Honda Fit di Detroit menyebut all new Fit punya grill dan headlight rancangan baru.

Mobil tersebut akan mulai dipasarkan di Amerika Serikat  musim semi tahun ini.

Mesin pada Fit terbaru itu adalah all-new direct-injected 1.5-liter DOHC i-VTEC.

Mesin itu menghasilkan 128 tenaga kuda pada 6.500 rpm dan  114 lb.-ft pada torsi 4.600 rpm, alias 11 tenaga kuda lebih besar dan bertambah 8 lb.-ft. dibandingkan model yang sedang beredar di Amerika Serikat.

Pilihan transmisinya adalah 6 speed manual atau CVT dengan paddle shifter.

Tingginya berkurang 1,6 inci dibanding model saat ini namun lebih lebar 0,3 inci dan wheelbase-nya lebih panjang 1,2 inci.

Hasilnya, menurut Honda, handling dan manuver menjadi lebih baik.

Legroom penumpang belakang juga bertambah 4,8 inci dibandingkan model yang sekarang sudah beredar.

Jika kursi belakang dilipat, terdapat ruang sebesar 52,7 kubik kaki dan menurut Honda paling besar di kelasnya.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014