Banyak anak yang harus mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini bersama Santi Helmy Faishal dan kelompok Dharma Wanita Kementerian PDT mengunjungi korban banjir yang berada di posko Pesantren Ath-Thahiriyah Tebet, Jakarta Selatan, Rabu.

Dalam kesempatan itu, Helmy dan rombongan menyerahkan beberapa paket bantuan berupa sembako, pakaian, selimut, bantal, dan obat-obatan.

"Banyak anak yang harus mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal. Kondisi cuaca yang kurang baik akan mudah membuat anak-anak tersebut terserang penyakit, apalagi mereka berada di tempat pengungsian seperti ini," kata Helmy.

Dia berharap bantuan yang diberikan tersebut mampu meringankan beban korban banjir yang masih membutuhkan banyak bantuan.

"Saya juga menyampaikan salam dari Pak Presiden SBY, beliau terus memberikan perhatian pada kondisi banjir di Jakarta dan meletusnya Gunung Sinabung. Saya mewakili Bapak Presiden menemui bapak-bapak dan ibu-ibu," kata menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Helmy yang menyempatkan diri bermain-main bersama anak-anak korban banjir memberikan dukungan agar anak-anak terus bersemangat menempuh pendidikan di sekolah.

"Jangan sampai banjir menghambat proses belajar mengajar di sekolah. Tetap semangat belajar untuk melanjutkan mimpi dan cita-cita kalian," kata menteri termuda di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II itu.

Helmy juga meminta kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkungan di wilayahnya agar kejadian banjir seperti ini tidak terjadi lagi di tahun-tahun mendatang.

"Yang mengerti kondisi lingkungan Jakarta, ya warga Jakarta sendiri. Mari kita jaga lingkungan dari hal terkecil, jangan buang sampah di sembarang tempat, apalagi buang sampah di sungai," ujarnya.

Helmy juga menyampaikan bahwa saat ini pemerintah, baik pusat maupun daerah, sudah melakukan langkah-langkah untuk membuat ibu kota lebih baik. Untuk itu, ia berharap warga Jakarta ikut berpartisipasi dalam pembangunan Jakarta yang lebih baik.

"Warga harus berperan aktif dalam pembangunan Jakarta ini. Tanpa dukungan dan peran aktif dari warga, Jakarta tak akan pernah beranjak ke arah yang lebih baik," katanya.

Helmy Faishal juga menyampaikan terima kasih kepada para relawan yang sudah banyak membantu evakuasi korban banjir ke posko pengungsian.

"Kesigapan para relawan sangat membantu dan meringankan beban para korban banjir," katanya.

(S024/A011)

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014