Jakarta (ANTARA News) - Jajak Pembaca harian sebuah harian Ibu Kota edisi Januari 2014 menempatkan Ketua Umum DPPD Partai Amanat Nasional (PAN) menduduki urutan pertama.

Menurut Koordinator Jajak Pembaca Nonstop Iwan Siregar, kupon Jajak Pembaca yang masuk ke redaksi pada edisi Januari 2014 kali ini mencapai 3.529 kupon.

"Dari 29 persen yang memilih Hatta, mayoritas pemilih melihat sosok Hatta Rajasa yang sarat pengalaman. Mereka menilai Indonesia ke depan harus dipimpin oleh orang yang memiliki track record panjang di pemerintahan," katanya dalam keterangan pers di Jakarta, Senin.

Iwan mengatakan, dalam kupon Jajak Pembaca tentang "Siapa Yang Layak Jadi Presiden 2014", Hatta Rajasa mendapat pilihan 29 persen, kedua Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto Subianto 23 persen, Menteri BUMN Dahlan Iskan 18 persen, Jokowi 11 persen, Megawati Soekarnoputri 7 persen, Mahfud MD 5 persen, Irman Gusman 3 persen dan Aburizal Bakrie 1 persen.

Sedangkan yang memilih capres lainnya sebanyak 3 persen.

Iwan menambahkan, jika melihat dari kupon yang masuk, maka bisa disimpulkan, masyarakat yang melek terhadap informasi sangat mengerti siapa calon yang berpengalaman dan calon yang hanya dikemas dengan pencitraan semata.

"Hatta dipilih oleh masyarakat yang melek dengan informasi. Masyarakat yang mengikuti pemberitaan di media massa," ujarnya.

Sementara itu, untuk Gubernur DKI Jakarta Jokowi yang selama ini dielu-elukan, Iwan mengatakan, publik masih ingin menunggu janji-janji Jokowi untuk membenahi persoalan Jakarta seperti janji kampanyenya pada Pilkada DKI Jakarta 2012.

"Persoalan macet yang belum terurai masih belum bisa dibuktikan oleh Jokowi. Belum lagi permasalahan banjir yang saat ini kembali menghantui warga Jakarta," katanya.

Sedangkan, Edi Susanto, warga Jakarta yang uga pemenang hadiah Jajak Pembaca, menilai Hatta berpengalaman dan layak menjadi Presiden 2014.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014