Pekalongan (ANTARA News) - Produksi ikan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, selama 2013 sebanyak 1.110.040 kilogram ikan atau turun dibanding tahun sebelumnya sebanyak 1.369.834 kilogram ikan.

Kepala Bidang Kelautan Perikanan Tangkap Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Pekalongan, Edi Prabowo di Pekalongan, Minggu, mengatakan bahwa produksi ikan di Tempat Pelelangan Ikan Wonokerto pada 2013 sebanyak 545.079 kg dan TPI Jambean 564.961 kg.

"Akibat cuaca buruk selama 2013, produksi ikan di dua TPI menurun jika dibanding tahun sebelumnya. Akan tetapi, kami optimistis jumlah produksi ikan pada 2014 akan naik," katanya.

Ia mengatakan selain faktor cuaca buruk, penurunan produksi ikan juga dipengaruhi terbatasnya sumber daya alam di laut.

"Kondisi sumber daya ikan di Laut Jawa sudah masuk kategori overfishing karena penangkapan ikan yang sudah berlebihan," katanya.

Menurut dia, meski jumlah produksi ikan mengalami penurunan tetapi nilai tangkap ikan nelayan pada 2013 mengalami peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya.

"Nilai tangkap ikan nelayan pada 2013 sekitar Rp7 miliar atau naik jika dibanding tahun sebelumnya Rp6,6 miliar," katanya.

Nelayan setempat, Slamet mengatakan cuaca buruk di peraian Laut Jawa selain akan mempengaruhi hasil produksi ikan juga cukup berbahaya untuk keselamatan para nelayan.

"Oleh karena itu, kami memilih beristirahat atau tidak melaut. Saat ini kami bekerja serabutan sebagai upaya mencukupi kebutuhan keluarga," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014