Jakarta (ANTARA News) - Direktur Operasional Kebandarudaraan PT Angkasa Pura II, Endang Sumiarsa mengatakan Bandara Halim Perdanakusuma dirancang dengan konsep Betawi sesuai dengan letaknya yang berada di wilayah DKI Jakarta.

"Bandara Halim Perdanakusuma berkonsep Betawi Punya Airport, dan sebab itu berbagai ornamen yang ada di bandara ini bercorak Betawi," kata Endang Sumiarsa di Jakarta, Jumat.

Menurut Endang, corak Betawi tampak pada saat ada acara khusus seperti peresmian komersialisasi Bandara Halim Perdanakusuma hari ini yang juga menampilkan kesenian khas Betawi.

Bandara Halim Perdanakusuma yang dikelola Angkasa Pura II resmi beroperasi melayani penerbangan komersial seiring dengan mendaratnya Airbus A320 Citilink bernomor penerbangan QG 103 dari Yogyakarta.

Sebagai bagian dari seremoni itu, 177 penumpang dalam penerbangan tersebut disuguhi kesenian khas Betawi yaitu Gambang Kromong, tarian Lenggang Nyai dan Ondel-Ondel.

Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan mengatakan operasionalisasi Bandara Halim bakal mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta.

"Pengoperasian Bandara Halim dapat memindahkan 10-12 persen penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta," kata Mangindaan saat meninjau kesiapan Bandara Halim di Jakarta, Rabu lalu (8/1).

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014