Dengan bergabungnya Agu Casmir, kuota pemain asing Persebaya sudah lengkap...
Surabaya (ANTARA News) - Pemain naturalisasi asal Singapura Agu Casmir melengkapi kuota pemain asing klub Persebaya Surabaya untuk menghadapi kompetisi Indonesia Super League 2014, setelah menandatangani kontrak.

Presiden Klub Persebaya Diar Kusuma Putra kepada wartawan di Surabaya, Rabu, mengatakan pemain berdarah Nigeria yang telah berkewarganegaraan Singapura itu, menandatangani kontrak berdurasi satu musim pada Selasa (7/1) malam, setelah manajemen mendapatkan rekomendasi dari pelatih Rahmad Darmawan.

"Dengan bergabungnya Agu Casmir, kuota pemain asing Persebaya sudah lengkap karena sebelumnya sudah ada tiga pemain asal Kamerun yang tanda tangan kontrak. Agu Casmir untuk mengisi jatah satu pemain asing asal Asia sesuai regulasi PT Liga," katanya.

Secara keseluruhan, lanjut Diar, pihaknya telah mengontrak sebanyak 23 orang pemain dan berencana menambah beberapa pemain lokal, termasuk pemain U-21 dari klub internal.

Sedangkan tiga pemain Kamerun yang sebelumnya telah dikontrak "Bajul Ijo" adalah Patrice Nzekou, Emmanuel "Paco" Kenmogne dan Daniel Monchare.

Namun, Diar Kusuma tidak bersedia mengungkapkan nilai kontrak penyerang yang pernah bermain di klub Persija Jakarta pada ISL 2010/2011. Sebelum dikontrak, Agu Casmir sempat menjalani seleksi selama hampir satu pekan.

"Yang pasti, anggaran untuk belanja pemain menjadi lebih besar, mencapai sekitar Rp20 miliar. Kami berharap kehadiran Agu Casmir membuat kekuatan Persebaya makin tangguh, terutama di lini depan," ujarnya.

Secara terpisah, pelatih Persebaya Rahmad Darmawan menambahkan timnya sangat membutuhkan seorang penyerang murni untuk mendampingi Emmanuel Paco Kenmogne, karena stok pemain lini depan cukup minim.

Sebenarnya, Persebaya sudah memiliki pemain naturalisasi Greg Nwokolo, Fandi Eko Utomo dan Ari Prihatna yang bertipe penyerang, tetapi ketiganya bukan striker murni.

"Agu Casmir bisa menjadi pilihan untuk menerapkan variasi serangan. Kami akan kesulitan memainkan skema permainan kalau hanya mengandalkan tenaga Paco di lini depan," ujar mantan pelatih Timnas U-23 itu.

Persebaya kini sedang bersiap menghadapi turnamen pramusim Inter Island Cup 2014 yang dimulai akhir pekan ini. Persebaya bergabung di Zona Jawa-3 bersama tuan rumah Persik Kediri, Persegres Gresik United, dan Persiba Bantul.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014