Sebelas orang sudah sepakat, siapapun nanti yang terpilih maka akan didukung karena sudah sesuai keinginan masyarakat,"
Surabaya (ANTARA News) - Salah satu peserta konvensi calon presiden dari Partai Demokrat, Marzuki Alie, menegaskan bahwa semua peserta sudah sepakat saling mendukung terkait siapapun nantinya yang akan terpilih dan diusung sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden 2014.

"Sebelas orang sudah sepakat, siapapun nanti yang terpilih maka akan didukung karena sudah sesuai keinginan masyarakat," ujarnya kepada wartawan ketika ditemui di sela-sela kunjungannya di Pasar Atom Mal Surabaya, Sabtu sore.

Menurut dia, mekanisme penjaringan calon presiden yang dilakukan oleh Partai Demokrat melalui konvensi, merupakan langkah terbaik dan membuat masyarakat memiliki banyak pilihan untuk menentukan siapa yang layak memimpin bangsa ini nantinya.

"Pemenang konvensi adalah keinginan dan pilihan rakyat. Sehingga kami percaya dan wajib nilainya didukung," kata mantan Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat tersebut.

Bagaimana jika nantinya pemenang konvensi bukan kader? Marzuki Alie tak mempermasalahkannya karena tidak menjadi patokan apakah kader atau non-kader. Ia mengaku, siapapun yang terpilih maka berarti disukai oleh rakyat.

"Bukan kader atau tidak, tapi orang itu harus mampu memimpin dan melakukan perubahan demi Bangsa Indonesia. Kemudian, melanjutkan program Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang bagus-bagus dan menyempurnakan yang kurang bagus," katanya.

Jika nantinya sudah terpilih seseorang yang benar-benar diinginkan masyarakat, lanjut dia, maka akan mudah dalam tahapan berikutnya. Selain tinggal melontarkan program-program positif, juga bagaimana berkampanye yang baik dan merebut hati rakyat.

Sementara itu, politisi yang juga Ketua DPR RI itu mengungkapkan, konvensi calon presiden dari Partai Demokrat membuat rakyat mempunyai banyak pilihan. Hal ini karena 11 peserta konvensi merupakan orang-orang yang memiliki keahlian dan dasar masing-masing.

"Rakyat mau memilih pemimpin jenderal bintang empat, pemimpin lembaga negara, menteri, mantan menteri, auditor keuangan, hingga akademisi, semua ada. Tinggal bagaimana selera dan keinginan masyarakat untuk pemimpinnya dalam periode lima tahun mendatang," katanya.

Seperti diberitakan, selain Marzuki Alie, ada 10 peserta lainnya dalam konvensi calon presiden dari Partai Demokrat, yakni Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan), Ali Masykur Musa (anggota Badan Pemeriksa Keuangan), Anies Baswedan (Rektor Universitas Paramadina), Dahlan Iskan (Menteri BUMN) dan Dino Patti Djalal (mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat).

Selain itu, Endriartono Sutarto (mantan Panglima TNI), Irman Gusman (Ketua Dewan Perwakilan Daerah), Hayono Isman (anggota Komisi I DPR), Pramono Edhie Wibowo (mantan KSAD), serta Sinyo Harry Sarundajang (Gubernur Sulawesi Utara). (*)

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014