Stadion GBT (Gelora Bung Tomo) belum bisa digunakan karena sedang dalam proses perawatan. Upaya mencari stadion alternatif yang dekat dengan Surabaya sudah kami upayakan, tetapi PT Liga menghendaki pertandingan IIC di Stadion GBT,"
Surabaya (ANTARA News) - Persebaya Surabaya menolak keputusan PT Liga Indonesia untuk menjadi tuan rumah turnamen Inter Island Cup 2014 karena kesulitan mendapatkan izin pemakaian Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya sebagai tempat pertandingan.

Sekretaris Tim Persebaya Rahmad Sumanjaya kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya segera mengirimkan surat penolakan resmi kepada PT Liga Indonesia agar secepatnya bisa diputuskan lokasi lain untuk turnamen pramusim itu.

"Stadion GBT (Gelora Bung Tomo) belum bisa digunakan karena sedang dalam proses perawatan. Upaya mencari stadion alternatif yang dekat dengan Surabaya sudah kami upayakan, tetapi PT Liga menghendaki pertandingan IIC di Stadion GBT," katanya.

Berdasarkan keputusan PT Liga Indonesia, Persebaya seharusnya bertindak sebagai tuan rumah untuk babak penyisihan Zona Jawa-3 bersama tiga kontestan lainnya, yakni Persiba Bantul, Persegres Gresik United, dan Persik Kediri.

Sebenarnya, upaya mendapatkan izin dari Pemerintah Kota Surabaya untuk pemakaian Stadion GBT sudah dilakukan pengurus Persebaya sejak pekan lalu guna kegiatan peluncuran tim "Bajul Ijo" sekaligus laga uji coba melawan Persib Bandung pada hari Minggu (5/1).

Akibat tidak keluarnya izin tersebut, acara peluncuran tim Persebaya dibatalkan dan rencananya diundur setelah turnamen IIC pada akhir Januari mendatang.

"Kami akan menunggu keputusan selanjutnya dari PT Liga terkait dengan lokasi pertandingan Inter Island. Yang jelas, untuk sementara ini Stadion GBT belum bisa digunakan," tambah Rahmad Sumanjaya.

Sementara itu, tim Persebaya Surabaya kembali menjalani sesi latihan di Lapangan Menanggal Surabaya setelah manajemen memberikan jatah libur selama dua hari kepada pemain pada tahun baru.

Pada latihan yang dipimpin pelatih Rahmad Darmawan tersebut, seluruh pemain sudah bergabung, termasuk empat mantan pemain Timnas SEA Games 2013 masing-masing Fandi Eko Utomo, Alfin Tuasalamony, Dedi Kusnandar, dan Manahati Lestusen.

"Program latihan akan difokuskan untuk mematangkan taktik dan kerja sama tim, selain juga meningkatkan kondisi fisik pemain," kata pelatih yang akrab disapa RD itu.(*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014