Dari simulasi calon presiden diketahui bahwa elektabilitas para kandidat capres dari Partai Demokrat belum cukup kuat bersiang dengan partai lain....
Jakarta (ANTARA News) - Survei Indo Barometer menunjukkan Dahlan Iskan merupakan peserta konvensi presiden Partai Demokrat terpopuler dibandingkan 10 nama lainnya yang turut dalam kontes tersebut.

Dikutip dari laman Indo Barometer, Rabu, disebutkan bahwa survei pada 1--15 Desember tersebut menunjukkan 12,1 pesen responden memilih Dahlan Iskan, sementara urutan di bawahnya terpaut jauh.

Temuan ini berdasarkan survei terhadap 1.200 responden di 33 provinsi dengan marjin eror sebesar plus minus tiga persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pramono Edhie yang menempati urutan kedua, hanya mampu meraih 1,9 persen, sementara posisi ketiga oleh Sinyo Harry Sarundajang 0,9 persen, Gita Wirjawan 0,8 persen, Endriartono Sutarto 0,7 persen.

Berikutnya adalah Irman Gusman 0,5 persen, Anies Baswedan 0,5 persen, Marzuki Alie 0,4 persen, Ali Masykur Musa 0,3 persen, Dino Patti Djalal 0,2 persen, dan Hayono Isman 0,1 persen.

Sementara responden yang belum memutuskan mencapai 47 persen, sedangkan mereka yang menjawab tidak akan memilih 7,7 persen, menyatakan rahasia 2,3 persen dan mereka yang tidak menjawab atau tidak tahu 10,1 persen.

"Dari simulasi calon presiden diketahui bahwa elektabilitas para kandidat capres dari Partai Demokrat belum cukup kuat bersiang dengan partai lain," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodhari dalam penjelasannya terhadap hasil survei tersebut.


Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013