Jakarta (ANTARA News) - Indonesia melaju ke final cabang sepak bola SEA Games 2013 setelah menekuk Malaysia 4-3 lewat drama adu penalti. Gol kemenangan skuad Garuda Muda dilesakkan oleh pemain asal Papua Ferinando Pahabol.

Laga semifinal antara timnas Indonesia U-23 melawan Malaysia yang digelar pada Kamis, harus dilanjutkan ke babak adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga digelar babak tambahan waktu 2x15 menit.

Pahabol dengan tembakan keras kaki kirinya mampu mengecoh kiper Malaysia, Izham Tarmizi yang bergerak ke arah kanan, sementara bola mengarah ke sisi kiri.

Sebelum digelar perpanjangan waktu 2x15 menit, di babak kedua Malaysia mampu menyamakan kedudukan lewat tembakan keras menghunjam yang dilepaskan oleh Thamil  Arassu di menit ke 85 yang membuat kedudukan sama kuat 1-1.

Terus ditekan oleh barisan depan Harimau Muda lewat serangan bertubi-tubi di babak kedua, gawang Kurnia Meiga akhirnya jebol.

Indonesia mampu unggul 1-0 di babak pertama lewat gol yang dicetak Bayu Gatra pada menit 30.

Gol berawal dari pergerakan eksplosif dari Fandi Eko Utomo di lini pertahanan Malaysia. Dengan dribel yang mumpuni, Fandi melewati satu pemain bertahan Malaysia kemudian dengan secepat kilat mengumpan ke Bayu Gatra. Dengan tendangan kaki kanan yang melesat, Bayu Gatra mengelabui penjaga gawang Malaysia, Izham Tharmizi.

Ketika melakoni babak tambahan, pertahanan Indonesia mendapat tekanan tiada henti. Berkat kesigapan barisan pertahanan Indonesia yang dikawal Manahati Lestusen dan Syafrudin, Malaysia gagal menambah pundi golnya.
 
Susunan Pemain:
Indonesia:
Kurnia Meiga, Manahati Lestusen, Syaifuddin, Diego Michiels, Alfin Tuasalamony, Egi Melgiansyah (Nelson Alom 46), Rizky Pellu (Andik Vermansah 77), Ramdani Lestaluhu, Bayu Gatra, Fandi Eko Utomo, Yandi Sofyan
Pelatih: Rahmad Darmawan

Malaysia:
Izham Tarmizi, Zubir Azmi, Fadhli Shas, Shahrul Saad, Azrif Nasrulhaq, Nasir Basharuddin (Nazmi Faiz bin Mansor 46), Nazirul Naim Che Hashim (Rozaimi bin Abdul Rahman 46), D Saarvindran (Izzaq Faris 84), Irfan Fazail, Hazwan Bakri, Thamil Arasu Ambumamee
Pelatih: Datuk Ong Kim Swee

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013