Naypyitaw (ANTARA News) - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Rahmad Darmawan mengharapkan anak-anak asuhnya bisa bermain lepas saat menghadapi Malaysia pada pertandingan semifinal SEA Games 2013 di Stadion Zeyar Thiri Naypyitaw, Myanmar, Kamis (19/12) .

"Pemain harus bisa menikmati permainan. Yang jelas secara umum semua pemain sudah siap diturunkan," kata Rahmad Darmawan disela latihan di Stadion Zeyar Thiri Naypyitaw, Rabu.

Malaysia yang akan menjadi lawan Timnas Garuda Muda, kata dia, memiliki karakter permainan yang berbeda dibandingkan dengan negara yang telah dihadapi sebelumnya seperti Thailand, Myanmar maupun Kamboja.

Anak asuh Ong Kim Swee, kata pria yang akrab dipanggil RD mengatakan, merupakan tim yang memiliki pertahanan yang solid. Selain itu pemain Malaysia bermain dengan sabar dan mampu membuat sulit lawan.

"Terutama menjelang akhir pertandingan. Mereka cukup merepotkan. Artinya pemain kita harus bermain dengan solid hingga 90 menit. Mental yang diuji disini," katanya menambahkan.

Demi menghadapi Malaysia, Rahmad Darmawan mengaku telah menyiapkan pemain sesuai dengan kebutuhan. Bahkan untuk menganalisasi kekuatan lawan pihaknya juga menggandeng tim HPU BTN.

"Hasil analisa permainan Malaysia telah kami aplikasikan pada latihan tadi. Simulasi penyerangan dan bertahan juga dilakukan. Kami berharap pemain bisa maksimal pada pertandingan nanti," kata pria kelahiran Metro Lampung itu.

Selain menyiapkan strategi untuk waktu 90 menit, mantan pelatih Arema Indonesia itu juga memberikan materi latihan yaitu tendangan penalti. Hal ini dilakukan untuk mengatasi jika pertandingan harus diakhirnya dengan adu pinalti.

Dalam beberapa pertandingan terakhir Indonesia selalu kurang beruntung jika bertemu dengan Malaysia. Kondisi paling menyakitkan adalah saat final SEA Games 2011 di Jakarta. Saat itu Timnas Garuda Muda harus menyerah setelah kalah adu pinalti.

Jika dilihat saat latihan, untuk posisi penjaga gawang kemungkinan akan dipercayakan kepada Kurnia Meiga. Selanjutnya adalah Alvin Tuasalamony, Andri Ibo, Manahati Lestusen dan Diego Michiels.

Untuk pemain tengah kemungkinan akan menurunkan Dedi Kusnandar, Rizky Pellu, Bayu Gatra, Andik Vermansyah, Fandi Eko Utomo dan Yandi Sofyan Munawar.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013