Depok (ANTARA) - Tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menerima beasiswa pendidikan dari Shinhan Bank yang merupakan bank pertama dan salah satu yang terbesar di Korea Selatan.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Safri Sitorus (Program Studi Metalurgi dan Material, Fakultas Teknik), Muthia Afifa (Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya), dan Alya K. Putri (Prodi Ilmu Kesejateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa Direktrorat Kemahasiswaan UI, Achmad Solechan, M.Si., di kampus UI Depok, Selasa, berharap beasiswa ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa dalam menggapai cita-citanya.

“Semoga awardee semakin bersemangat untuk menyelesaikan studi dan ke depannya mampu berkontribusi lebih besar pada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Unit Head Human Resource Bank Shinhan, Diah Aryanti Diah Aryanti, mengapresiasi para penerima beasiswa yang telah melalui seleksi sangat ketat.

Penerima beasiswa ini harus merupakan mahasiswa program sarjana semester lima atau tujuh dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,5 dan skor IELTS 5,5 atau TOEIC 405.

“Selamat kepada tiga mahasiswa terbaik UI yang berhasil mendapatkan beasiswa Shinhan. Kami berharap beasiswa ini dapat memicu mahasiswa dapat mengembangkan diri lebih baik lagi, sehingga ke depannya dapat berkontribusi di berbagai sektor. Kami tunggu gebrakan luar biasa dari anak muda untuk kemajuan bersama,” kata Diah.

Muthia Afifa selaku penerima beasiswa menceritakan pengalamannya selama mengikuti seleksi beasiswa Shinhan Bank. Seleksi dimulai dengan pengumpulan berkas yang ditentukan.

Mahasiswa yang lolos seleksi berkas, kemudian diundang ke kantor Bank Shinhan untuk mengikuti sesi wawancara.

Ia mengatakan, karena merupakan mahasiswa Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea, saat wawancara diminta untuk memperkenalkan diri dengan bahasa Korea. Ia bersyukur bisa lolos seleksi ini". Semoga beasiswa ini bisa saya manfaatkan sebaik mungkin, sehingga saya lulus tepat waktu dan mampu memberikan prestasi terbaik," katanya.

UI dan Shinhan Bank telah menjalin kerja sama sejak tahun 2017. Sebelumnya, Shinhan Bank juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa terbaik UI pada tahun 2024.

Di bidang pendidikan, Shinhan Bank yang berpusat di Korea Selatan juga mendirikan pusat pelatihan kejuruan, termasuk pelatihan akuntansi finansial yang dilaksanakan sejak 2016.

Program corporate social responsibility (CSR) Shinhan Bank juga memberikan pelayanan fasilitas (dukungan untuk kelompok sosial kurang mampu), pelayanan lingkungan, dan pelayanan medis.


Baca juga: UI berada posisi pertama versi THE Asia University Rankings 2024

Baca juga: 120 peserta difabel ikuti UTBK-SNBT 2024 di UI

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024