Asia Tenggara, termasuk Indonesia, memiliki agenda ke depan untuk menumbuhkan ekonomi digital...
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, Indonesia ingin memperdalam kerja sama dengan Brasil di bidang-bidang prioritas bersama, salah satunya ekonomi digital.

Hal ini diungkap Jerry seusai mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Menteri Luar Negeri Brasil Mauro Vieira di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) di Paris, Prancis, Jumat (3/5).

"Asia Tenggara, termasuk Indonesia, memiliki agenda ke depan untuk menumbuhkan ekonomi digital. Sektor ini dapat meningkat dua kali lipat nilainya menjadi 2 triliun dolar AS pada 2030," ujar Jerry melalui keterangan di Jakarta, Senin.

Baca juga: Wamendag Jerry: Indonesia-Mesir siapkan kolaborasi bidang minyak sawit

Jerry menyebut, nilai tersebut menawarkan peluang yang signifikan untuk kolaborasi dan pertumbuhan. Indonesia dan Brasil dapat meningkatkan kegiatan dalam kerja sama teknologi digital dan inovasi.

Sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia juga telah mendapatkan kesepakatan untuk mengembangkan ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA) untuk memajukan digitalisasi dan interoperabilitas.

Indonesia tidak hanya memiliki kepentingan ekonomi, tetapi juga komitmen untuk mempertahankan perdagangan dan investasi multilateral yang berbasis aturan, persaingan yang adil, dan kemitraan global yang inklusif dan tangguh.

Jerry meyakini, hubungan yang kuat dengan Brasil adalah kunci membangun hubungan baik Indonesia-Brasil, terutama kerja sama ekonomi.

"Indonesia mengutarakan keinginan bekerja sama dalam memperkuat arsitektur global yang melayani negara-negara berkembang dengan baik. Kami jelaskan, Indonesia adalah negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Asia Tenggara yang dinamis dengan rekam jejak kinerja ekonomi yang kuat meskipun menghadapi tantangan global," kata Jerry.

Baca juga: Pidato di OECD, Airlangga sebut RI punya leadership di ASEAN dan G20

Jerry juga mengatakan, Indonesia juga menyampaikan dorongan semangat atas Presidensi G20 Brasil pada tahun ini. 

Menlu Mauroi Viera menyampaikan dukungan atas aksesi Indonesia pada Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024