Beijing (ANTARA) - Pengiriman ponsel pintar (smartphone) China naik 6,5 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 69,3 juta unit pada kuartal pertama (Q1) 2024.

Laporan dari perusahaan riset pasar global International Data Corporation (IDC) yang dipublikasikan baru-baru ini menyebutkan bahwa meski didukung oleh basis perbandingan yang rendah, angka pertumbuhan tersebut menandai kuartal kedua secara beruntun yang mencatat pertumbuhan dan menambah momentum pada pemulihan pasar.

Pasar mencatat angka pengiriman yang lebih baik dari perkiraan, yang terutama didorong oleh pertumbuhan kuat Honor dan Huawei, sementara perayaan Tahun Baru Imlek pada Q1 juga merangsang sentimen belanja serta permintaan untuk perangkat kelas bawah dan menengah, kata IDC.

Selain itu, laporan IDC juga menyatakan bahwa kategori perangkat lipat mengalami pertumbuhan yang konstan dan signifikan pada tahun ini.

Pertumbuhan pasar secara keseluruhan untuk perangkat yang dapat dilipat (foldable device) pada Q1 melonjak 83 persen (yoy), mencatat volume pengiriman yang menakjubkan, yakni 1,86 juta unit.

Dalam segmen perangkat kelas atas (high-end), kepopuleran kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan dampak dari produk-produk yang dapat dilipat memungkinkan vendor-vendor smartphone Android untuk semakin memperbesar perbedaan mereka dengan Apple, menarik minat yang lebih besar dari konsumen China.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024