Jakarta (ANTARA) -
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan menyerahkan bantuan 150 unit kendaraan listrik untuk operasional Ditlantas Polda Kalimatan Timur dalam mendukung pengamanan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Diketahui di IKN harus kendaraan berbasis baterai, jadi kami serahkan ke Pak Dirlantas," kata Aan dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.
 
Jenderal polisi bintang dua itu menyebut, bantuan kendaraan listrik tersebut terdiri atas 50 unit kendaraan roda empat dan 100 unit kendaraan roda dua.
 
"Untuk kendaraan roda empat ini ada 50 nanti untuk mendukung kegiatan tersebut, kemudian roda dua juga ada 100 nanti yang akan kami serahkan ke Pak Dirlantas,” katanya.
 
Baca juga: Otorita IKN optimalkan potensi kearifan lokal melalui Museum Kehidupan
 
Mantan Dirgakkum Korlantas Polri itu menjelaskan, bantuan kendaraan listrik Ditlantas Polda Kalimantan Timur itu nantinya dipergunakan mendukung pengamanan pada pelaksanaan peringatan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Aan secara khusus meninjau langsung IKN pada Jumat (2/5) memastikan kesiapan Polda Kalimantan Timur dalam pengamanan pengawalan, pengamanan rute dan pengamanan parkir (Pamwal Rolakir).
 
"Seperti yang diketahui kegiatan hari ulang tahun kemerdekaan 2024 akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara Kaltim," ujarnya.

Pengecekan meliputi jalur-jalur yang akan digunakan menuju IKN, mulai dari Balikpapan sampai ke IKN, tempat acara, lokasi parkir dan sebagainya.
 
Kemudian, guna mendukung pengamanan pergerakan arus lalu lintas, akan disiapkan bawah kendali operasi (BKO) personel, kendaraan, teknologi yang mendukung operasional manajemen operasi dalam pengawalan tamu VVIP dan VIP.
 
“Sudah dipersiapkan personel, kendaraan, teknologi yang akan mendukung operasional manajemen operasi nanti ini sudah kami persiapkan, sehingga nanti kami akan BKO-kan ke Paspampres untuk pengawalan VVIP dan VIP akan kita kelola," ujarnya.
 
Menurut dia, pengamanan terbagi dua, yakni pengamanan VVIP langsung berada di bawah kendali TNI, kemudian untuk pengamanan VIP ini menjadi tanggung jawab Polri.
 
Dalam kunjungan tersebut, Kakorlantas Polri menerima paparan dari Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol. Rifki terkait kesiapan pengamanan pengawalan rute dan parkiran dari Ditlantas Polda Kaltim pada acara 17 Agustus 2024.
 
"Secara komprehensif tadi sudah disampaikan ada beberapa catatan untuk lebih siap lagi kesiapannya sehingga pelaksanaannya nanti kita bisa melaksanakan dengan baik untuk pengamanan, rute perparkiran dan pengawalan,” kata Aan.

Baca juga: IKN sebagai katalis kunci mewujudkan Strategi Hidrogen Nasional

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024