Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Jumat (3/5) kemarin menjadi sorotan, mulai dari seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI siap menghadapi Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR RI terkait evaluasi pemilu pada Rabu, 15 Mei 2024.

Berikut rangkuman berita politik yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Pemerintah buka seleksi 3.445 formasi CASN jalur sekolah kedinasan

Pemerintah menyatakan membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sebanyak 3.445 formasi melalui jalur sekolah kedinasan untuk 30 sekolah kedinasan di bawah delapan kementerian/lembaga.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pembukaan seleksi itu dilakukan pada pekan kedua Mei 2024.

"Dengan alokasi sebanyak 3.445 formasi yang tersebar pada sekolah kedinasan," kata Anas di Jakarta, Jumat.

Silakan baca di sini.

2. Istana tanggapi rencana Prabowo bentuk "Presidential Club"

Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana menegaskan pentingnya seorang presiden untuk terus bersilaturahmi dengan semua mantan presiden, ketika mengomentari usulan pembentukan “Presidential Club” dari Prabowo Subianto.

“Ada atau tidak adanya Presidential Club, Presiden dan semua mantan presiden sangat penting untuk bersilaturahmi,” kata Ari melalui pesan singkat kepada wartawan, Jumat.

Silakan baca di sini.

3. KPU siap hadapi evaluasi pemilu di DPR pada 15 Mei

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon menyatakan pihaknya siap menghadapi evaluasi pemilu di Komisi II DPR RI pada hari Rabu, 15 Mei 2024.

"Insyaallah, disiapkan sebaik mungkin," kata Betty saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Silakan baca di sini.

4. KSAU dan Prabowo bahas penguatan pertahanan udara

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono membahas hal penguatan pertahanan udara dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis. (2/5).

Dari akun Instagram resmi Kementerian Pertahanan @kemhan, Jumat, terlihat beberapa foto yang menunjukkan Tonny beserta jajarannya mendatangi ruang kerja Prabowo Subianto.

Kedatangan rombongan Tonny langsung disambut Prabowo yang sudah menunggu di ruang kerjanya. Prabowo dan Tonny pun terlihat saling melempar hormat dan langsung berjabat tangan.

Silakan baca di sini.

5. TNI AL siagakan 7 KRI di Bali sejak H-5 World Water Forum Ke-10

TNI Angkatan Laut menyiagakan tujuh kapal perang (KRI) dan dua helikopternya di Bali sejak 5 hari sebelum (H-5) digelar-nya acara World Water Forum (WWF) Ke-10 yang digelar pada 18–25 Mei 2024.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI I Made Wira Hady Arsanta saat dihubungi di Jakarta, Jumat, menyebut kapal-kapal perang itu beserta alutsista lain dari TNI AL bakal siaga di Bali — atau on position — sejak 13 Mei 2024.

Dia melanjutkan TNI Angkatan Laut menyiagakan tujuh kapal perang terdiri atas dua fregat, satu korvet, satu kapal bantu rumah sakit (BRS), dan tiga kapal patroli cepat untuk ikut menyukseskan World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali.

Silakan baca di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024