Jakarta (ANTARA) - Indonesia resmi menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam 2025 atau Gymnastics World Championship 2025 usai ditunjuk oleh FIG (Federation International Gymnastics).

Penyelenggarakan kejuaraan edisi ke-53 pada 19-25 Oktober 2025 mendatang.

Sebelumnya, Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB PERSANI) mengajukan diri sebagai tuan rumah Gymnastics World Championship 2025.

"Indonesia sudah ditunjuk sebagai tuan rumah dari FIG(Federatione Internationale Gymnastics)yg berkedudukan di Loussane, Swiss setelah melalui beberapa proses bidding dengan kandidat negara lain. Setelah persyaratan untuk pelaksanaan yang meliputi venue, akomodasi, transportasi, rumah sakit terdekat dan disetujui oleh FIG baru saja kita dinyatakan lolos untuk menjadi tuan rumah," kata Sekjen PB Persani Sri Sundari saat dihubungi pewarta pada Jumat.

Dalam kejuaraan tersebut nantinya akan diikuti 600 atlet dalam total 1.200 orang termasuk ofisial dan juri yang merupakan delegasi-delegasi dari 78 negara. Untuk nomor yang akan dipertandingkan di Kejuaraan Dunia Senam tersebut yakni artistik dan gymnastik.

Sri Sundari berharap memperoleh dukungan dari instansi pemerintah maupun pihak-pihak lainnya yang terkait, agar mampu menjalankan event yang direncanakan akan dilangsungkan di Indonesia Arena, Jakarta tersebut dapat sukses terselenggara.

"Terkait hal persyaratan kita harus mendapatkan dukungan dari pemerintah dan instansi kementerian lainnya seperti Kementerian Pariwisata, Kemendagri, Kemenkes dan kementerian lainnya," ujar Sri Sundari.

Sri Sundari menjelaskan bahwa ajang Kejuaraan Dunia 2025 ini wajib diikuti oleh Indonesia sebagai poin untuk tahap Kualifikasi menuju Olimpiade 2028 mendatang.

"World champhionsip ini wajib diikuti sebagai poin kualifikasi menuju pertandingan Olimpiade berikutnya. WCH 2025 akan diikuti oleh 78 negara dan peserta dan delegasi akan hadir sekitar 1200 orang," tutup Sri Sundari.


Baca juga: Pelatih sebut tekad kuat Rifda jadi modal penting hadapi Olimpiade

Baca juga: Pelatih fokus matangkan mental pesenam Rifda hadapi Olimpiade Paris

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024