....Kali ini sumber energi yaitu melalui EBT bukan menggunakan tenaga diesel.
Ambon (ANTARA) -
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Tiga siap menerangi Desa Nusaela di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, dengan memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT).

PLTS dioperasikan dengan memanfaatkan EBT itu akan diresmikan pada Mei 2024, kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula, Jumat.

"Setelah melewati proses uji coba, upaya kami untuk memperluas akses listrik bagi masyarakat akhirnya segera dimanfaatkan. Kali ini sumber energi yaitu melalui EBT bukan menggunakan tenaga diesel,” ujar Awat.

Baca juga: PLN Nusantara Power berhasil pangkas 17 juta ton emisi CO2

Proses uji coba dilakukan bersama PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, NZmates, dan PT Deltamas Solusindo, dilakukan Pre-Commisioning Test terhadap PLTS tersebut selama dua hari.

Awat memastikan, hingga saat peresmian semua infrastruktur sistem kelistrikan dalam kondisi aman dan siap digunakan.

Kehadiran PLTS Pulau Tiga diharapkan tidak hanya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Nusela, tetapi juga menjadi contoh bagi pengembangan proyek serupa di wilayah lain, mendukung Indonesia dalam mencapai tujuan energi bersih dan berkelanjutan.

"Hal ini merupakan langkah yang signifikan dalam upaya negara untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, dan meningkatkan proporsi energi baru terbarukan dalam matriks energi nasional," katanya.

Baca juga: Indonesia akselerasi PLTS Atap untuk kejar target bauran EBT

Sementara itu, Asisten Manajer Perencanaan UP3 Ambon, Sutan Sitorus menyebutkan, PLTS Pulau Tiga memiliki kapasitas sebesar 75 kWp, sehingga PLTS ini direncanakan akan melayani sekitar 120 rumah tangga di Desa Nusa Ela secara kontinyu selama 24 jam sehari.

“PLTS Pulau Tiga adalah bukti nyata dari upaya PLN dalam melakukan transisi ke energi hijau dan berkelanjutan. Ini adalah langkah awal kami untuk mendukung penuh penggunaan energi yang ramah lingkungan. Tentunya ini juga sejalan dengan salah satu transformasi PLN yaitu pada pilar Green," katanya.

Setelah peresmian nanti, masyarakat dapat menikmati listrik secara aman dan nyaman sehingga produktivitas akan semakin meningkat dan roda ekonomi akan berputar dengan baik pada daerah tersebut.

Hal Ini merupakan wujud nyata PLN hadir untuk masyarakat dan menjadi bukti komitmen dalam mendorong maupun meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat hingga ke pelosok negeri.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024