Ini salah satu upaya kita supaya ada alternatif-alternatif untuk menambah wisatawan.
Ambon (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Maluku meluncurkan upaya baru untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Maluku melalui rute penerbangan langsung Surabaya-Ambon-Sorong-Manado.

Langkah ini bertujuan untuk memfasilitasi akses ke destinasi pariwisata utama di Maluku dan Papua Barat.

“Ini salah satu upaya kita supaya ada alternatif-alternatif untuk menambah wisatawan. Jadi kami mulai terobosan ini kolaborasi dengan Angkasa Pura mulai dari penerbangan Surabaya-Ambon, Ambon-Sorong dan Sorong- Manado,” kata Kadis Pariwisata Maluku Achmad Jais Ely, di Ambon, Kamis (2/5).

Menurutnya, peningkatan penerbangan dengan tiga rute baru itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di wilayah tersebut.

“Kami berharap dengan memperkuat rute penerbangan ini, akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Maluku serta memberikan dorongan signifikan bagi pertumbuhan ekonomi lokal," ujarnya.

Rute penerbangan Ambon-Sorong merupakan bagian dari strategi yang lebih luas untuk memperluas jangkauan pariwisata Maluku. Selain itu, keberadaan rute ini menjadi peluang untuk menangkap wisatawan dari Bali, yang lebih dekat dengan Manado.

“Tiga rute Sorong, Manado dan Ambon ini kan menjadi pintu masuk di Indonesia timur. Jadi mudah-mudahan bisa menambah jumlah pelancong atau wisatawan baik mancanegara maupun nusantara yang datang ke Maluku,” katanya lagi.

Ia menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan promosi aktif untuk menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya Maluku.

Dengan upaya baru ini, Dispar Maluku optimis bahwa pariwisata di wilayah tersebut akan semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

Peningkatan konektivitas udara ini diharapkan akan membuka peluang baru bagi para pelancong untuk mengeksplorasi kekayaan alam dan budaya yang luar biasa di Maluku dan sekitarnya.

“Makin banyak jalur penerbangan, makin baik untuk orang-orang datang ke Maluku. Tinggal sekarang kita siap lakukan perbaikan infrastruktur kita di Maluku sehingga memberi kesan yang baik bagi wisatawan,” ujar Jais.

Sebelumnya, Dispar Provinsi Maluku menargetkan jumlah kunjungan wisatawan asing sebanyak 14.355 orang dan wisatawan nusantara sebanyak 429.763 orang pada 2024.
​​​​​​Baca juga: Pemprov Maluku menggelar Festival Banda Naira tarik minat wisatawan
Baca juga: Dispar Maluku targetkan 14.355 kunjungan wisatawan asing di 2024


Pewarta: Winda Herman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024