Surabaya (ANTARA News) - Peserta konvensi calon presiden dari Partai Demokrat tebar pesona di hadapan sekitar 6.000 kader dalam pertemuan dan konsolidasi internal dihadiri Ketua Umum DPP Susilo Bambang Yudhoyono di JX Internasional, Surabaya, Jumat malam.

"Sebelas peserta konvensi hadir dan diberi kesempatan oleh partai untuk menyosialisasikan diri di hadapan ribuan kader Demokrat di Jatim," ujar Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Soekarwo.

Hanya saja, pihaknya memastikan para peserta tidak diberi kesempatan tampil atau mendapat panggung khusus dalam konsolidasi partai dan pengaturan strategi yang disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Belum ada panggung untuk mereka. Malam ini para peserta konvensi hanya mendengarkan dan diberi waktu untuk menangkap gairah kader yang ada di dalam gedung maupun di luar," kata politisi yang akrab disapa Pakde Karwo itu.

Diketahui, total ada 11 peserta konvensi capres dari Partai Demokrat, masing-masing Ali Masykur Musa (anggota Badan Pemeriksa Keuangan), Anies Baswedan (Rektor Universitas Paramadina), Dahlan Iskan (Menteri BUMN) dan Dino Patti Djalal (Duta Besar RI untuk Amerika Serikat).

Kemudian, Endriartono Sutarto (mantan Panglima TNI), Irman Gusman (Ketua Dewan Perwakilan Daerah), Hayono Isman (anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat), dan Marzuki Alie (Ketua DPR RI).

Selanjutnya ada Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan), Pramono Edhie Wibowo (mantan Kepala Staf Angkatan Darat), serta Sinyo Harry Sarundajang (Gubernur Sulawesi Utara).

"Para peserta konvensi silahkan memanfaatkan aktualisasi dan bersinergi dengan perkembangan Partai Demokrat untuk berbuat nyata ke masyarakat," kata Pakde Karwo yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Jatim tersebut.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut, sebelum acara dimulai, Marzuki Alie tidak mau melewatkan kesempatan menyapa kadernya. Ketua DPR RI itu mendatangi kursi di sisi selatan. Ia pun disambut dan sejumah kader berebut bersalaman.

"Foto-fotoannya nanti ya, setelah acara selesai," ucapnya menjawab permintaan sejumlah kader yang ingin berfoto dengannya.

Hayono Isman tak mau kalah. Ketika pembawa acara menyampaikan bahwa kesempatan tersebut hadir peserta konvensi calon presiden, spontan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga yang duduk di barisan paling depan itu berdiri dan melambaikan tangannya ke arah ribuan kader.

Lain lagi dengan Dahlan Iskan. Dibandingkan peserta lainnya, mantan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara itu datang lebih awal. Ia bahkan sempat wawancara dengan sejumlah wartawan karena masih banyak waktu sambil menunggu kedatangan SBY.

"Saya diundang oleh DPP untuk hadir. Kemungkinan memang semuanya (peserta) juga diundang. Meski tidak ada persiapan khusus, namun saya tetap berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mendoakan memenangi konvensi," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013