Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Posko Pengamanan Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu, dalam rangka memberikan dukungan kepada para buruh.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan buruh karena apa pun rekan-rekan buruh adalah motor penggerak pembangunan," kata Sigit.

Kapolri hadir didampingi sejumlah pejabat utama Polri, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan dan Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Karyoto, serta hadir pula Presiden Partai Buruh Said Iqbal dan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) Andi Gani Nena Wea.

Bukan hanya tahun ini, Kapolri juga pernah menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional pada tahun 2022 dan 2023.

Baca juga: Hari Buruh, Menaker ajak semua pihak ikut tingkatkan kompetensi SDM

Menurut jenderal polisi bintang empat itu, kontribusi buruh dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat telah mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini berada di angka 5 persen serta investasi bertumbuh Rp1.400 triliun, dan menambah lapangan pekerjaan sekitar 1,8 juta.

"Kita harapkan ini semua terus bertumbuh kalau stabilitas kamtibmas berjalan dengan baik. Oleh karena itu, terima kasih atas kolaborasi seluruh stakeholders, teman-teman buruh dalam menjaga kamtibmas yang ada," katanya.

Baca juga: DPR: Perlindungan ketenagakerjaan harus diberikan pada semua pekerja

Gabungan serikat buruh melakukan aksi besar-besaran di kawasan Istana Negara, Jakarta, untuk memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024 pada Rabu.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan ada dua tema utama dalam peringatan Hari Buruh 2024 ini, yakni cabut omnibuslaw Undang-Undang Cipta Kerja dan hapus outsourching atau tenaga alih daya.

"May Day adalah suatu ungkapan dari seluruh buruh di dunia. Buruh di dunia selalu menyuarakan apa yang menjadi kepentingannya. Tahun ini May Day di Indoensia mengangkat dua tema utama, yaitu cabut omnibuslaw UU Cipta Kerja dan hapus outsourching,” kata Said.

Baca juga: May Day 2024, Ketua DPR ingatkan perlindungan bagi buruh lepas
Baca juga: Jokowi: Teruskan semangat juang buruh capai keadilan dan kesejahteraan


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024