Jakarta (ANTARA) - PLN Icon Plus dan Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) bekerja sama untuk mewujudkan ekosistem hijau dalam bidang pendidikan.

Kerja sama itu diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tentang pengembangan digitalisasi kampus serta implementasi konsep Smart and Green Campus.

"Kerja sama ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami untuk mendukung ekosistem hijau, khususnya dalam bidang pendidikan. Melalui implementasi solusi smart dan green campus, kami berharap ekosistem hijau ini tidak hanya inovatif, tetapi juga berkelanjutan,” kata Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi di Jakarta, Rabu.

PLN Icon Plus, sebagai subholding Beyond kWh PT PLN (Persero), berperan dalam menyediakan infrastruktur internet, multimedia, Internet of Things (IoT), panel surya (PV), sistem manajemen energi (EMS), perangkat lunak, serta ekosistem kendaraan listrik (EV).

Selain itu, PLN Icon Plus juga mengembangkan super-apps PLN Mobile untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen UMBARA untuk menjadi pelopor dalam pencegahan pemanasan global, yang terwujud dalam konsep “Smart and Green Campus”.

UMBARA akan mengimplementasikan berbagai inovasi tersebut untuk meningkatkan efisiensi operasional serta mengurangi emisi karbon.

Kerja sama ini menginisiasi pilot project yang mencakup penerapan teknologi sensor untuk pengelolaan data dan keamanan serta platform digital untuk mendukung administrasi dan akademik. Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain dalam mengimplementasikan prinsip ekosistem hijau yang keberlanjutan.

"Kami percaya bahwa pendidikan dan teknologi dapat berjalan seiring dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau dan cerdas. Dukungan PLN Icon Plus dalam hal ini tidak hanya memperkuat infrastruktur ekosistem hijau di lingkungan kami,tetapi juga memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dengan teknologi terkini," ujar Rektor UMBARA Edi Sukardi.

Implementasi dan pengembangan dari inisiatif ini juga disambut baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dan diharapkan dapat menjadi kekuatan utama dalam mencapai visi masa depan pendidikan Indonesia yang lebih hijau melalui peningkatan kualitas pendidikan yang didukung oleh inovasi dan ekosistem hijau yang berkelanjutan.

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024