Chengdu, China (ANTARA) - Tim putri Indonesia dan Jepang siap memperebutkan gelar juara Grup C Piala Uber 2024 pada laga fase grup terakhir yang digelar di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Rabu.

Ini menandai pertemuan ke-17 dari kedua negara pada ajang bulu tangkis beregu elite dunia ini. Skuad putri Indonesia dan Jepang masing-masing berbagi sebanyak delapan kemenangan dari 16 pertemuan terakhir mereka.

Untuk pertemuan kali ini, Gregoria Mariska Tunjung akan menjadi tunggal putri pertama Indonesia dan menghadapi pemain unggulan Akane Yamaguchi.

Kedua pemain juga sudah sering berjumpa sebelumnya, baik pada pertandingan individual maupun beregu. Di atas kertas, Yamaguchi unggul 14-4 dari Gregoria, dengan pertemuan terakhir dimenangkan oleh tunggal putri pertama Jepang pada babak perempat final All England Open 2024 melalui rubber game ketat 10-21, 22-20, 18-21.

Meski demikian, Gregoria yang kini menempati peringkat sembilan dunia itu memiliki kesempatan yang terbuka lebar untuk revans, menyusul penampilan-penampilannya yang bisa dibilang cukup konsisten dan positif.

Beralih ke sektor ganda, akan ada formasi pasangan baru yaitu Siti Fadia Silva Ramadhanti/Lanny Tria Mayasari yang akan menghadapi pasangan unggulan Jepang Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Menurut pelatih ganda putri Indonesia Eng Hian, keputusan untuk memasangkan Fadia dan Lanny dilatarbelakangi oleh kondisi fisik dari kedua rekan mereka yakni Apriyani Rahayu dan Ribka Sugiarto.

Meski Matsuyama/Chida merupakan pasangan senior dan konsisten berada di daftar 10 besar dunia, tak menutup kemungkinan bagi pasangan muda Indonesia untuk tampil lepas dan baik pada pertandingan mendatang.

Selanjutnya pada sektor tunggal kedua, Ester Nurumi Tri Wardoyo bakal berjumpa dengan Aya Ohori. Ini merupakan pertemuan kedua mereka setelah terakhir kali saling berhadapan di fase grup Piala Uber 2020. Saat itu, Ohori menang atas Ester dengan skor 21-14, 21-7.

Kini, kedua pemain muda itu akan bertemu berbekal pengalaman yang lebih banyak dari sebelumnya, dan pastinya dapat menyuguhkan pertarungan yang seru.

Selanjutnya, ada Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose yang akan berjumpa dengan pasangan Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto. Meilysa sebelumnya sempat dilaporkan menjalani pemulihan fisik, tapi besar harapan ia dan Rachel bisa bangkit dan tampil lepas pada pertandingan nanti.

Partai terakhir akan diisi oleh dua debutan yakni Komang Ayu Cahya Dewi dan Tomoka Miyazaki. Dengan kedua pemain memiliki catatan penampilan yang cukup positif, tentu akan sangat menyenangkan untuk melihat para pemain muda ini beraksi di lapangan.

Laga fase Grup C Piala Uber 2024 akan dimulai pukul 08.30 WIB.


Baca juga: Fadia dan Lanny dipasangkan sebagai ganda putri pertama hadapi Jepang
Baca juga: Pelatih: Tunggal putra Indonesia siap turun dengan kekuatan terbaik
Baca juga: Pelatih pastikan tunggal putri Indonesia siap hadapi Jepang
Baca juga: Tim Thomas-Uber Indonesia fokus puncaki klasemen grup


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024