Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat berpotensi mengguyur sejumlah wilayah, termasuk kota besar, di 26 provinsi Indonesia pada hari pertama Mei, Rabu. 

Berdasarkan peringatan dini cuaca yang dikutip ANTARA dari situs BMKG di Jakarta, Rabu, ke-26 provinsi yang wilayahnya berpotensi diguyur hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Seterusnya Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah,Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Selain itu, hujan lebat juga diprakirakan mengguyur wilayah Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Terhadap daerah-daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat tersebut, BMKG memasukkannya ke dalam kategori waspada banjir akibat dampak hujan. 

BMKG pun memprakirakan hujan dengan intensitas ringan juga berpotensi membasahi wilayah DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan.

Secara khusus hujan diprakirakan mengguyur sejumlah kota besar, seperti Gorontalo, Jambi, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Padang, dan Medan.

Hujan dengan intensitas lebih ringan berpotensi turun di Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Bandung, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Palembang.

Untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprakirakan hujan ringan berpotensi mengguyur wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada Rabu siang.

Sementara pada Kamis dini hari, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu dapat mengalami hujan dengan intensitas yang sama, kata BMKG.

Baca juga: BMKG prakirakan mayoritas kota besar turun hujan ringan hingga lebat
Baca juga: BMKG: Enam daerah di Sulut kategori waspada terdampak hujan lebat


 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024