Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Belgia Domenico Tedesco memastikan kiper Thibaut Courtois akan absen pada Piala Eropa 2024.

Courtois telah absen membela klubnya, Real Madrid, sepanjang musim 2023/2024 karena cedera ligamen lutut, dan mengalami masalah lanjutan pada Maret yang membuatnya memerlukan operasi lain pada lututnya.

Mencatatkan 102 penampilan timnas sejak melakukan debutnya pada 2011, Courtois pada Desember lalu mengatakan bahwa ia telah menyerah untuk bermimpi dapat bermain pada Piala Eropa tahun ini karena cedera lutut kirinya.

“Mengenai topik ini, semuanya seperti yang telah dikatakan. Saya tidak ingin menghukum atas sesuatu yang telah lewat,” kata Tedesco kepada media Jerman seperti dikutip dari AFP.

Baca juga: Portugal dan Belgia pastikan diri lolos ke Euro 2024

Courtois berada dalam hubungan yang kurang baik dengan Tedesco sejak Juni 2023, setelah ia tidak dipilih menjadi kapten saat Kevin De Bruyne dililit cedera, dan justru Romelu Lukaku yang dipilih menjadi kapten timnas.

Tedesco menegaskan bahwa saat mengumumkan keputusannya Desember silam, Courtois telah mengizinkan staf kepelatihan Belgia untuk mempersiapkan opsi-opsi lain.

“Kami fokus pada pemain-pemain yang berada dalam kondisi prima,” ujarnya.

Courtois telah kembali ke skuad Real Madrid pada Senin (29/4), menjelang pertemuan mereka melawan Bayern Munich di semifinal leg pertama Liga Champions.

Pelatih Real Carlo Ancelotti mengatakan ia berharap Courtois dapat kembali bermain pada pertandingan Liga Spanyol melawan Cadiz pada Sabtu, menjelang pertandingan semifinal Liga Champions pekan depan.

Baca juga: Thibaut Courtois sebut UEFA cuma peduli dengan uang bukan pemain
Baca juga: Insigne "Star of the Match", Courtois kecewa Belgia tersingkir


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024