Kita bisa mengemas wisata di desa menjadi terkenal di Indonesia, bahkan dunia
Jakarta (ANTARA) -
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo mengatakan metaverse merupakan salah satu terobosan dari kecanggihan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi desa wisata kepada dunia.
 
"Kita bisa mengemas wisata di desa menjadi terkenal di Indonesia, bahkan dunia. Bisa dengan dijadikan satu seperti film sehingga orang bisa memanfaatkan dengan kacamata dimensi," kata Paiman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Hal tersebut dia sampaikan usai membuka Tasyakuran Launching Metaverse Manunggal Jaya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
 
Diketahui metaverse adalah konsep yang memanfaatkan alat-alat canggih di antaranya kacamata dimensi untuk melihat ruang-ruang dengan jangkauan luas. Menurut Paiman, konsep tersebut bisa mendatangkan dua keuntungan, baik dari sisi alat maupun wisata yang ingin diperkenalkan pada dunia.

Baca juga: Wamendes PDTT minta kepala desa berinovasi dalam membangun

Baca juga: Wamendes PDTT minta BUMDes manfaatkan teknologi untuk pasarkan produk
 
"Wisata-nya terkenal, kacamata-nya juga. Dari sisi keuntungan, dari kacamata dan orang mengenal wisata-nya kalau pakai alat ini. Bisa diceritakan karena sudah melihat dari alat canggih ini," ujar dia.
 
Metaverse Manunggal Jaya merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Desa PDTT. Lalu, ada pula kerja sama dengan pemerintah daerah dan perguruan tinggi melalui Universitas Muhammadiyah Magelang serta Pemerintah Kabupaten Magelang dan Pemerintah Desa Karangrejo, Desa Karanganyar, dan Desa Tanjungsari.
 
Keberadaan metaverse diharapkan bisa memberikan solusi permasalahan kepada BUMDesa Bersama Manunggal Jaya Borobudur untuk melakukan promosi dan pemasaran Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Manunggal Jaya. Dengan demikian, kesejahteraan dan kualitas ekonomi masyarakat setempat juga diharapkan akan terus meningkat.
 
Selain membuka peluncuran Metaverse Manunggal Jaya, Paiman juga meninjau secara langsung produk-produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang dihasilkan masyarakat setempat. Paiman secara langsung mempromosikan setiap produk yang ada melalui video.
 
Dalam kesempatan itu, Paiman didampingi oleh sejumlah pihak. Di antaranya, Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekonomi dan Investasi Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini dan Direktur Perencanaan Teknis Pengembangan Ekonomi dan Investasi Adityawarman Darudono. Selain itu, hadir pula Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto, Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adiyanto, Komandan Komando Distrik Militer 0705 Magelang Jarot Susanto, dan Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Magelang Kombespol Mustofa.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024