“Kapal itu markasnya, pangkalannya, di bawah Satuan Patroli (Satrol) Lantamal (Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut) XIV Sorong. Dari Lantamal Sorong, kapal itu di-BKO-kan ke Guskamla sebagaimana perintah Panglima Armada III,”
Jakarta (ANTARA) - Kapal patroli cepat 60 meter KRI Bawal-875 resmi memperkuat Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut dan siap untuk berpatroli di wilayah kerja Koarmada III yaitu perairan sekitar Papua dan Maluku.

Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada III Laksamana Pertama Sumarji Bimoaji saat dihubungi di Jakarta, Selasa, menjelaskan penempatan kapal itu ke Guskamla Koarmada III merupakan perintah dari Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan.

“Kapal itu markasnya, pangkalannya, di bawah Satuan Patroli (Satrol) Lantamal (Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut) XIV Sorong. Dari Lantamal Sorong, kapal itu di-BKO-kan ke Guskamla sebagaimana perintah Panglima Armada III,” kata Sumarji.

Di bawah kendali Guskamla Koarmada III, KRI Bawal pun siap berpatroli menjaga keamanan laut di perairan-perairan yang menjadi wilayah kerja Koarmada III termasuk perairan-perairan rawan yang menghadap langsung ke Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, dan berbatasan dengan perairan Australia dan Filipina.

“Begitu dapat perintah, kapal langsung bekal ulang, isi bahan bakar, terus mempersiapkan personel, kelengkapan sparepart, dan lain-lain,” kata Danguskamla Koarmada III.

Dia melanjutkan umumnya masa BKO penugasan untuk operasi itu berlangsung selama 75 hari, kecuali ada perpanjangan masa penugasan dari Pangkoarmada III.

“Kadang-kadang ada kegiatan lain, Panglima Armada III menggantikan dengan unsur lain, tergantung perintah Panglima,” kata dia.

Danguskamla beserta jajarannya menyambut langsung kedatangan KRI Bawal, yang dipimpin oleh Komandan KRI Bawal-875 Letkol Laut (P) Abdiyan Syaiful Hidayat di Biak, Papua, Senin (29/4). Acara penyambutan itu yang disebut sebagai merploeg merupakan tradisi yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut saat melepas kapal atau menyambut kapal yang sandar.

Dalam acara itu, Danguskamla Koarmada III langsung memberikan sejumlah instruksi kepada seluruh pengawak KRI Bawal-875. Instruksi itu juga mencakup arahan dari Pangkoarmada III, yang di antaranya meminta seluruh personel mengikuti perkembangan situasi selama pelaksanaan operasi, terutama yang terkait dengan situasi di Papua, kemudian prajurit juga diminta untuk senantiasa meningkatkan kemampuan, menjaga nama baik TNI Angkatan Laut, dan menghindari segala bentuk pelanggaran termasuk judi online dan pinjaman online.

Danguskamla juga mengingatkan jajaran prajurit pengawak KRI Bawal untuk meningkatkan kemampuan bela diri dan tetap menjalin komunikasi dengan keluarga terutama saat kapal singgah/sandar.

Tradisi merploeg untuk KRI Bawal di Biak, Senin, itu turut dihadiri sejumlah pejabat di antaranya Kepala Staf Guskamla Koarmada III Kolonel Laut (P) Irwan Shobirin, Asisten Intelijen Danguskamla Koarmada III Kolonel Laut (T) Darwin Simbolon, dan Asisten Logistik Danguskamla Koarmada III Kolonel Laut (T) Purwanto. Acara itu juga dihadiri oleh Komandan Wing Udara III/Puspenerbal di Biak Kolonel Laut (P) Ahmad Novam Hajuraman, dan Komandan Pangkalan Udara TNI AL Biak Kolonel Laut (P) Anang Adhi Purwonugroho.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024