Singaraja, Bali (ANTARA) -
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali meraih penghargaan tingkat nasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas Nilai Kinerja Anggaran (NKA) terbaik 2023.
 
Undiksha meraih penghargaan terbaik I pada kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) dengan Nilai Kesesuaian Antara Rencana dan Implementasi Tertinggi dengan raihan skor NKA sebesar 100 persen dengan predikat sangat baik," kata Rektor Undiksha I Wayan Lasmawan di Singaraja, Selasa.
 
Undiksha sebagai perguruan tinggi di bentangan Bali Utara tersebut juga meraih posisi terbaik III kategori PTN dengan Pola Pengelolaan Keuangan BLU dengan raihan NKA sebesar 95,74 persen dengan predikat sangat baik.
 
Lasmawan menyampaikan penghargaan adalah hasil kerja bersama seluruh civitas akademika Undiksha dalam balutan keharmonisan.
 
“Semoga momentum ini bisa lebih memotivasi segenap warga Undiksha untuk berkinerja lebih baik di semua dimensi prestasi kelembagaan,” ungkapnya.
   
Dia menjelaskan dalam kinerja pengelolaan keuangan, Undiksha senantiasa berpegang pada regulasi dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh kementerian, dengan tetap berupaya mensinergikan semua potensi sumber daya yang ada dalam keharmonisan.
 
Guna meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran, Undiksha telah melakukan langkah-langkah strategis, antara lain memastikan bahwa setiap personal pengelola keuangan adalah yang kompeten dan terampil di bidangnya, mengoptimalkan pengelolaan dan penginputan kinerja anggaran berbasis online di dalam aplikasi Sistem Perencanaan, Evaluasi, dan Akuntabilitas Kinerja (SPASIKITA) dan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) secara maksimal.
 
Selain itu, Undiksha juga telah meningkatkan dan memastikan kepatuhan terhadap Prosedur Operasional Standar (POS) di setiap level, serta meningkatkan dan memastikan E-Planing dan E-Budgeting telah terlaksana secara optimal.
 
Undiksha tengah berproses untuk menjadi PTN Badan Hukum (BH).
 
Tentunya, menurut Rektor Prof. Lasmawan capaian ini bukan akhir dari kinerja Undiksha, tetapi menjadi sebuah tanggungjawab dan tagihan kinerja yang semakin membaik ke depannya.
 
“Undiksha juga kita inginkan bisa menjadi International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL). Tentunya capain kali ini dapat menjadi motivasi untuk mewujudkan kinerja yang semakin baik,” kata Prof. Lasmawan.
 
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim, sebagaimana yang dikutip dari keterangan resmi Undiksha, dalam arahannya menyampaikan penetapan dan pelaksanaan kebijakan, program, dan anggaran harus selalu fokus pada tiga hal, yaitu alokasi dan pemanfaatan yang berkualitas, berbasis kinerja, dan berorientasi kepada hasil.
 
Dengan berfokus pada tiga hal tersebut menunjukkan dukungan terhadap reformasi birokrasi yang menjadi salah satu prioritas pemerintah pada saat ini.
 
“Tentunya ketiga hal tersebut harus senantiasa menjadi pedoman kita dalam melanjutkan gerakan merdeka belajar agar upaya perbaikan layanan pendidikan dan kebudayaan dapat terus dan semakin terakselerasi,” ungkapnya.

Baca juga: Agro Teknologi Musamus satu-satunya terakreditasi unggul di Papua

Pewarta: IMBA Purnomo/Rolandus Nampu
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024