Saya belum dihubungi oleh Komite Konvensi untuk rapat soal survei peserta konvensi,
Jakarta (ANTARA News) - Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat hingga saat ini belum melakukan survei untuk mengetahui popularitas para peserta konvensi.

"Saya belum dihubungi oleh Komite Konvensi untuk rapat soal survei peserta konvensi," kata salah seorang anggota Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Effendi Ghozali, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Menurut Effendi, berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komite Konvensi pada saat deklarasi 11 orang peserta konvensi, akan melakukan survei terhadap para peserta konvensi calon presiden yang akan diumumkan pada akhir Desember mendatang.

Pakar komunikasi politik dari Universitas Indonesia ini menyatakan sampai saat ini dirinya belum menerima informasi dari Komite Konvensi untuk melakukan rapat lagi.

Ketika ditanya lembaga apa saja yang akan melakukan survei, menurut dia, ada tiga lembaga.

"Ketiga lembaga survei tersebut tidak boleh diumumkan ke publik sampai lembaga tersebut mengumumkan hasil surveinya," katanya.

Ia memberikan alasan, jika lembaga survei itu diumumkan ke publik maka dikhawatirkan akan dihubungi oleh pihak-pihak tertentu.

Effendi menjelaskan peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat akan dilakukan suvei sebanyak dua kali, pada Desember 2013 dan Maret 2014.

Hasil survei tahap pertama, ujarnya, belum merupakan kontestasi sehingga tidak ada peserta konvensi yang akan tereliminasi.

"Hasil survei tahap pertama ini hanya untuk mengetahui peringkat popularitas dari para peserta konvensi selama tiga bulan pertama," katanya.

Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat meliputi, Anies Baswedan, Ali Masykur Musa, Dahlan iskan, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Gita Wirjawan, Hayono Isman, Irman Gusman, Marzuki Alie, dan Sinyo Harry Sarundajang.(*)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013