Jakarta (ANTARA News) - Majalah Rolling Stone edisi online menurunkan galeri teks dan foto serta video mengenang aktor laga Paul Walker yang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal Sabtu sore waktu AS.

Rolling Stone menyebut Walker sebagai aktor ganteng yang mendunia berkat perannya dalam franchise "The Fast and the Furious".

"Kendati wajahnya kekanak-kanakan Walker sudah genap berumur 40 tahun September lalu," tulis Rolling Stone.

Dari aktor cilik pada 1980-an sampai idola remaja pada 1990-an, lalu menjadi aktor laga masyur pada milenium baru, mendiang aktor ini melewati 11 penampilan terbaiknya berdasarkan pilihan Rolling Stone.

1. "Highway to Heaven" (1986)
   Pada serial drama yang ditayangkan NBC dan pernah populer di layar kaca Indonesia di dekade-dekade lewat lalu dengan peran utama Michael Landon ini, Walker tampil dua kali sebagai anak cacat mental.

2. "Charles in Charge" (1990)
   Sepanjang akhir 1980-an dan awal 1990-an, Walker beken sebagai bintang muda rupawan pada berbagai sitkom seperti "The Young and Restless", "Who's the Boss", dan "Charles in Charge".  Pada serial drama terakhir ini dia masih berumur 13 tahun namun mencuri hati jutaan pemirsa.

3. "Pleasantville" (1998)
   Walker mulai serius di layar lebar dengan membitangi film layar lebar pertamanya produksi Disney 1998 berjudul "Meet the Deedles", namun baru dalam "Pleasantville" dia bisa menggebrak bioskop-bioskop Amerika pada 23 Oktober 1998. Pada tahun ini pula, putri semata wayangnya, Meadow, lahir.

4. "Varsity Blues" (1999)
   Kendati usianya waktu itu sudah 24 tahun, berkat film remaja ini Walker dikenal sebagai bintang idola remaja

5. "She's All That" (1999)
   Film ini dirilis hanya dua minggu setelah "Varsity Blues". Pada film ini Walker adu peran bersama Freddie Prinze Jr dan Rachel Leigh Cook, yang mengukuhkan Walker sebagai idola muda yang digemari penggemar di mana-mana.

6. "The Skulls" (2000)
   Walker menjadi peran utama dalam drama yang juga dibintangi pemeran serial populer "Dawson Creek", Joshua Jackson. Cerita film ini diambil dari kisah perkumpulan Skull and Bones di Universitas Yale.

7. "The Fast and Furious" (2001)
   Dirilis pada 22 Juni 2001 dengan biaya 38 juta dolar AS, film ini meraup pendapatan 207 juta dolar AS untuk menjadi salah satu film paling menguntungkan tahun itu.

8. "Into the Blue" (2005)
   Dalam film ini Walker menumpahkan tiga kecintannya, yaitu kepada dunia akting, surfing dan alam.  Pada film ini Walker berpasangan dengan aktris Jessica Alba.  Film ini pula yang mengantarkan Walker tampil pada serial ekspedisi National Geographic "Expedition Great White" pada 2010 dan "Shark Week".

9. "Takers" (2010)
   Dalam thriler eksyen kriminal ini Walker bermain bersama dengan Matt Dillon, Chris Brown, dan Hayden Cristensen. Tahun ini juga sewaktu menggelar misi kemanusiaan di Haiti, organisasi nirlaba Reach Out Worldwide didirikan Walker.  Ironisnya saat menggelar acara bersama yayasan ini pula dia meninggal dunia dua tahun kemudian.

10. "Fast & Furious 6" (2013)
    Kecuali "the Fast and the Furious 3", Walker terus menjadi pemeran utama serial laga layar lebar ini.  Film keenam Fast and Furious ini menjadi di antara film terlaris tahun ini dengan meraup 100 juta dolar AS pada pekan pembukaannya saja.

11. "Hours" (2013)
    Kendati sudah meninggal, penonton akan tetap menyaksikan penampilan teranyar Walker dalam "Hours", drama yang mengisahkan seorang ayah yang berjuang menyelamatkan anak perempuannya setelah bencana Badai Katrina. Drama ini akan tayang Desember ini.
Masih ada "Brick Mansions" yang memasuki pascaproduski di mana Walker bermain bersama musisi rap, produser sekaligus aktor RZA. RZA kemudian mempersembahkan sebuah balada berdurasi empat menit berjudul "Destiny Bends" untuk menghormati Walker.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013