Jakarta (ANTARA) - Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar aksi donor donor darah di Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) dalam rangka memperingati Hari Kartini.

"Kegiatan ini sebagai bentuk perayaan Hari Kartini," kata Ketua Srikandi Donor Darah Indonesia Nunun Daradjatun di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, donor darah ini kegiatan tiga bulanan, namun kali ini bertepatan dengan Hari Kartini, sehingga mengambil tema 'donor darah bersama perempuan tangguh untuk negeri'.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan itu menargetkan 300 kantong darah dan dari 670 orang polisi wanita  yang ingin berpartisipasi, ternyata kantong darah belum tersedia. 

Baca juga: PMI DKI targetkan terima donor 1.200 kantong darah setiap hari

"Sebenarnya ada 670 polwan calon donor, tapi PMI di setiap harinya pada satu tempat hanya bisa menyiapkan 300 kantong," ujarnya.

Nunun menambahkan, kegiatan donor darah ini juga akan dilakukan di berbagai institusi dan kampus.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan kegiatan donor darah ini sangat membantu PMI dalam memenuhi stok untuk rumah sakit di Jakarta dan sekitarnya.

"Kegiatan ini sangat membantu PMI dalam menyediakan stok darah, karena setiap harinya PMI harus mendistribusikan 1.200 kantong darah ke rumah sakit dan rumah bersalin," katanya.

Baca juga: PMI adakan donor darah di Kembangan guna penuhi kebutuhan darah DKI

Dengan demikian, kata Rustam, kegiatan donor darah bersama ini tidak hanya memperingati Hari Kartini, tetapi juga memberikan kontribusi yang berarti dalam penyediaan stok darah bagi mereka yang membutuhkan di rumah sakit dan rumah bersalin.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024