Beijing (ANTARA) - Kementerian Sumber Daya Air China mengintensifkan serangkaian langkah pencegahan banjir seiring dengan hujan lebat yang terus mengguyur wilayah bagian selatan China.

Kementerian tersebut memperkirakan hujan lebat akan terus berlanjut di wilayah selatan dan barat daya negara itu dari Rabu (24/4) hingga Jumat (26/4), dengan hujan badai yang menghantam sejumlah bagian cekungan Sungai Mutiara.

Akibat hujan lebat, ketinggian air di tiga sungai di cekungan tersebut, yakni sungai Beijiang, Dongjiang, dan Hanjiang, diperkirakan akan melampaui level peringatan, ungkap kementerian itu.

Kementerian tersebut telah memperkuat prakiraan, peringatan dini, dan langkah-langkah kontingensi dalam upaya pencegahan banjir serta melakukan pemantauan waduk dan saluran air secara waktu nyata (real-time) di cekungan Sungai Mutiara.

Mengingat hujan badai menambah risiko banjir dan arus deras pegunungan di beberapa sungai kecil dan sedang di Sungai Beijiang, kementerian itu akan memantau cuaca dengan cermat dan meningkatkan konsultasi, penelitian, serta penyaluran informasi.

Situasi terkini di sungai Beijiang, Dongjiang, dan Hanjiang secara umum masih stabil. Seiring dengan berlanjutnya curah hujan lebat, lebih banyak upaya pengendalian banjir di Cekungan Sungai Mutiara sedang dilakukan, kata kementerian itu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024