Beijing (ANTARA) - Forum Zhongguancun (Forum ZGC) 2024 dibuka di Beijing pada Kamis (25/4) dan akan berfokus pada bidang-bidang mutakhir seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) hingga ilmu hayati (life science) serta material baru. Ajang selama lima hari itu akan berakhir pada Senin (29/4) mendatang.

Mengusung tema "Berinovasi untuk Dunia yang Lebih Baik" (Innovating for a Better World), konferensi tahunan pada forum tersebut terdiri dari lima seksi utama, termasuk pertemuan dan perdagangan teknologi. Forum tersebut mendorong pertukaran berbagai gagasan brilian dalam 6G, blockchain, dan bidang-bidang frontier lainnya di hampir 120 acara.

Serangkaian pencapaian ilmiah dan teknologi unggulan akan diperkenalkan selama periode tersebut.

Kompetisi dalam bidang-bidang mutakhir telah menarik lebih dari 3.100 partisipan dari 75 negara dan kawasan, sementara seksi perdagangan teknologi menarik lebih dari 6.000 proyek dari 40 lebih negara dan kawasan.

Forum itu mempertemukan para partisipan dari 100 lebih negara dan kawasan, dengan lebih dari separuh pembicaranya berasal dari luar negeri, yang menyoroti komitmen China terhadap keterbukaan dan kerja sama inovasi.

Mulai diselenggarakan pada 2007, Forum ZGC, dengan fokus yang berkelanjutan pada inovasi dan pembangunan, telah berkembang menjadi platform inovasi terbuka tingkat nasional sekaligus forum internasional selama bertahun-tahun. Terletak di Beijing barat laut, Zhongguancun mewadahi lebih dari 17.000 perusahaan teknologi tinggi nasional. Zhongguancun merupakan kawasan pengembangan industri teknologi tinggi nasional pertama di China dan juga dikenal sebagai "Silicon Valley-nya China."

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024