Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuka peluang kolaborasi dengan Asian Development Bank (ADB) dalam hal mendukung pertumbuhan startup atau perusahaan rintisan digital di Indonesia.

Hak itu disampaikan oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria yang mengatakan bahwa peluang kolaborasi itu bisa digunakan untuk mengembangkan ekosistem startup digital lewat pelaksanaan Program "1000 Startup Digital".

"Intinya Kementerian Kominfo terbuka untuk berkolaborasi mendukung pertumbuhan-pertumbuhan startup itu," kata Nezar dalam keterangan resminya yang diterima, Kamis.

Baca juga: Menkominfo ungkap program untuk ekosistem startup dukung desa kreatif

Baca juga: Gerakan 1.000 startup di Aceh untuk percepat transformasi digital


Perbincangan peluang dukungan ASB bagi pengembangan startup digital Indonesia sebenarnya diutarakan saat tim Asian Development Bank (ADB) menyambangi Kantor Kementerian Kominfo di Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Nezar mengatakan dalam pertemuan itu Kementerian Kominfo berbagi informasi mengenai pengembangan startup digital di Indonesia dan mengajak ASB ikut ambil bagian dalam membesarkan ekosistemnya.

“ADB mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Gerakan 1000 Startup Digital. Dan juga sharing tentang apa yang sudah mereka lakukan dengan sejumlah institusi pendidikan tinggi di Indonesia," tambahnya.

Peluang kolaborasi antara ADB dan Kemenkominfo juga nampaknya semakin besar karena sebelumnya sudah ada beberapa kerja sama ADB yang sudah berjalan dengan institusi-institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Misalnya seperti dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Tekonologi Bandung (ITB) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

“ADB ikut membangun Science Techno Park di sejumlah universitas di Indonesia. Kami harapkan apa yang sudah dilakukan oleh ADB bersama universitas itu bisa juga berkolaborasi bersama dengan Gerakan 1000 Startup Digital yang dibuat oleh Kementerian Kominfo," kata Nezar.

Dalam pertemuan tersebut hadir juga Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba, Sekretaris Direktur Jenderal Aplikasi Informatika I Nyoman Adhiarna, dan Kepala Pusat Kerja Sama Internasional Setjen Kementerian Kominfo Ichwan Makmur Nasution.

Sementara tim ADB yang hadir dalam pertemuan itu terdiri dari Director Human and Social Development ADB Sector Group Karin Schelzig, Senior Sector Director Ayako Inagaki, Principal Education Specialist Shanti Jagannathan, Principal Social Sector Specialist Fook Yen Chong, dan Senior Project Officer Education Sutarum Wiryono.

Baca juga: Kemenkominfo resmi memulai program akselerasi startup gelombang ke-7

Baca juga: Menkominfo ajak masyarakat jadi "prosumer" teknologi dukung "startup"

Baca juga: Kemenkominfo susun strategi untuk talenta digital terdampak efisiensi

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024