Data center akan banyak dibangun di sekitar IKN untuk mendukung pembangunannya mengusung konsep modern dan digitalized.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan untuk membahas persiapan Leaders’ Retreat.

Menko Airlangga dan Menlu Vivian optimistis bahwa hubungan ekonomi kedua negara terus terjalin kuat melalui berbagai kerja sama bilateral yang potensial, antara lain energi hijau, terutama solar farm, carbon capture storage, pengembangan Batam-Bintan-Karimun, digital connectivity, dan data center.

Data center akan banyak dibangun di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mendukung pembangunannya yang mengusung konsep modern dan digitalized,” kata Menko Airlangga dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Leaders’ Retreat merupakan agenda pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang akan dilaksanakan di Istana Bogor pada 29 April 2024 mendatang.

Salah satu kerja sama strategis yang ditekankan adalah pengembangan sumber daya manusia melalui pengembangan keterampilan, pertukaran talenta di bidang digital, serta peningkatan kapasitas bidang kesehatan.

“Pemerintah Indonesia terus mendukung hubungan yang kuat dengan Singapura baik secara bilateral maupun dalam kerangka ASEAN untuk pertumbuhan ekonomi dan stabilitas kawasan,” ungkap Menko Airlangga.

Lebih lanjut, Menko Airlangga dan Menlu Vivian juga bertukar pandangan mengenai aksesi Indonesia dalam Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OE​​CD) serta dinamika geopolitik di Timur Tengah dalam konteks ekonomi.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Vivian juga optimis bahwa Indonesia akan menyelesaikan proses aksesi dengan lancar.
Baca juga: Indonesia segel dua emas dari Triathlon Tour Singapura
Baca juga: Menko Luhut tawarkan kerja sama 'blue food' dan CCS kepada Singapura

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024