Jiuquan (ANTARA) - Misi pendaratan di Bulan China berjalan dengan lancar, seiring sistem komponennya sedang dalam tahap penelitian dan pengembangan sesuai rencana, ungkap seorang pejabat senior dari Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) dalam konferensi pers pada Rabu (24/4).

Pengembangan proyek untuk produk-produk penerbangan utama, seperti roket pengangkut Long March-10, wahana antariksa berawak Mengzhou, wahana pendaratan (lander) di bulan Lanyue, dan pakaian pendaratan di bulan, telah rampung, sedangkan produksi dan pengujian prototipe produk-produk itu sedang dilakukan, tutur Wakil Direktur CMSA Lin Xiqiang.

Pengembangan produk uji mekanis dan termal untuk wahana antariksa dan pendarat berawak pada dasarnya telah rampung, berbagai mesin roket sedang menjalani uji lapangan, dan situs peluncuran eksplorasi bulan berawak Wenchang sedang dibangun, papar Lin.

Lin menambahkan bahwa berbagai usulan untuk nama wahana penjelajah (rover) berawak bulan dan muatan (payload) permukaan bulan yang dikumpulkan dari masyarakat sedang diseleksi. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024