Jakarta (ANTARA News) - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I yang dijadwalkan berlangsung 1-4 Desember 2013 di Hotel Mrecure and Convention Ancol, Jakarta.

"Rakernas Partai Nasdem I ini merupakan perhelatan nasional menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014 yang hanya tinggal dalam bilangan hari," kata Sekretaris Jendral Partai Nasdem Patrice Rio Capella dalam sebuah jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Menurut Rio, Rakernas yang mengambil tema "Perubahan Menuju Indonesia Baru" itu bertuan untuk mengetahui perkembangan posisi infrastruktur partai dan pelaksanaan program pemenangan serta aktivitas para calon legislatif.

"Selain juga Rakernas merupakan momentum untuk menyegarkan kembali semangat dan motivasi segenap jajaran Partai Nasdem di seluruh Indonesia, khususnya menghadapi kontestasi politik Pemilu 2014," katanya.

Rakernas rencananya akan diikuti 2.210 kader, yang terdiri atas jajaran pengurus tingkat pusat hingga daerah seperti Majelis Tinggi, Mahkamah Partai, Dewan Pertimbangan, Dewan Pakar, Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD), selain juga menghadirkan Pengurus Organisasi Sayap Partai dan seluruh Caleg DPR RI Partai Nasdem.

"Kepesertaan yang meluas ini didasari kesadaran partai, bahwa kebijakan dan program pemenangan pemilu harus melibatkan struktur partai hingga tingkat kabupaten-kota," katanya.

Sementara Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Ferry Mursyidan Baldan menyebutkan setidaknya ada tiga agenda utama yang ingin dicapai dalam Rakernas tersebut.

"Pertama menambah spirit segenap jajaran dan para Caleg dalam menghadapi Pemilu 2014," kata Ferry.

Kedua, lanjut Ferry, untuk memperkokoh infrastruktur partai dalam menghadapi Pemilu 2014.

"Dan ketiga, guna mensinergikan pemenangan pemilu di daerah-daerah, khususnya hingga ke tingkat tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS)," katanya.

Sepanjang perhelatan Rakernas, Partai Nasdem mengagendakan sejumlah rangkaian kegiatan yaitu Rakernas Struktur Partai, rapat koordinasi seluruh bendahara partai dari tingkat pusat hingga kabupaten-kota, Orientasi Juru Kampanye Nasional dan TOT Pembentukan Saksi Partai Nasdem.

Sejumlah materi juga disiapkan untuk mengisi Rakernas I Partai Nasdem, di antaranya posisi politik, fokus isu, regulasi beserta pengawasan kampanye pemilu dan dana kampanye, etika penyelenggara pemilu dan kualitas pemilu, dan prinsip-prinsip penyelesaian sengketa hasil pemilu.

Selain itu juga akan dibahas mengenai peran partai dan politisi dalam mewujudkan Indonesia yang bebas korupsi, pemaparan posisi, peran dan fungsi saksi Partai Nasdem dalam pemilu, kiat dan teknik komunikasi publik/media, serta potret infrastruktur dan kinerja para Caleg.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013