Jakarta (ANTARA) - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menghadirkan moda transportasi pintar pada 2045, mulai dari mobilitas otonom hingga drone.

"Bagaimana sistem transportasi di Nusantara akan terlihat 30 tahun ke depan, pada tahun 2045? Infrastruktur transportasi pintar kota ini akan mencakup fitur-fitur seperti mobilitas udara lanjutan, kendaraan otonom, drone, dan robotika untuk meningkatkan sistem logistik," ujar Bambang dalam sebuah seminar daring, Rabu.

Bambang mengatakan IKN dirancang untuk menghadirkan lingkungan perkotaan dengan pendekatan yang berkelanjutan, efisien, dan inklusif.

Menurut dia, pendekatan ini penting dalam mendorong penggunaan transportasi publik dan mobilitas aktif seperti berjalan kaki dan bersepeda.

Dengan mengelola sektor transportasi, pihaknya tidak hanya berupaya mengurangi kemacetan lalu lintas, tetapi juga menciptakan lebih banyak ruang untuk transportasi publik dan aktif, serta aktivitas perkotaan yang ramai.

Baca juga: OIKN: Swasta domestik dan internasional minati pengembangan EV di IKN

Baca juga: Presiden Jokowi dorong China bangun moda transportasi di IKN


"Strategi Nusantara termasuk pembatasan kapasitas parkir dan jalan serta fasilitas park and ride untuk menjaga lalu lintas tetap terkendali. Pendekatan progresif ini memastikan lingkungan perkotaan yang berkelanjutan, efisien, dan inklusif," kata dia.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan dalam upaya untuk menjadi kota kelas dunia yang inklusif bagi semua orang, IKN menetapkan empat indikator kinerja utama (KPI) terkait dengan sektor transportasi. Untuk mencapai KPI ini, pendekatan dan mobilitas pintar IKN berfokus pada tiga manfaat utama.

Pertama, meningkatkan pengambilan keputusan dengan analisis data real-time, yang dapat mencegah kesalahan umum dalam perencanaan transportasi publik di beberapa kota lain.

Kedua, mengoptimalkan kinerja transportasi publik dengan memberikan informasi kepada penumpang dan operator, seperti tentang jadwal yang tepat waktu serta kondisi koridor, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi operasional.

Terakhir, memanfaatkan mobilitas pintar yang bertujuan untuk meminimalkan kesalahan manusia yang dapat menyebabkan risiko keamanan.

"Komitmen ini terhadap mobilitas pintar menegaskan tekad kami untuk transformasi mobilitas perkotaan yang berkelanjutan di Nusantara," kata dia.

Bambang pun mengajak semua pihak, termasuk Intelligent Transport System (ITS) Indonesia untuk menjadi bagian sejarah dalam mewujudkan IKN sebagai ibu kota negara yang memiliki mobilitas transportasi perkotaan yang pintar dan berkelanjutan.

Sementara itu, Presiden ITS Indonesia William Sabandar mengatakan pihaknya memiliki tujuan untuk menciptakan kerangka kerja yang mendukung pertumbuhan ekonomi, melindungi lingkungan, dan mempromosikan inklusivitas sosial.

ITS Indonesia, kata dia, siap menjelajahi solusi inovatif dan teknologi mutakhir yang akan membentuk masa depan Ibu Kota Nusantara.

"Kolaborasi ini antara ITS Indonesia dan Otorita Ibu Kota baru adalah bukti komitmen kami terhadap keunggulan dan dedikasi kami untuk membuat ibu kota baru menjadi mercusuar modernitas dan keberlanjutan," ucap William.

Baca juga: OIKN: Transportasi publik dan mobilitas aktif jadi prioritas di IKN

Baca juga: Presiden Jokowi luncurkan transportasi publik ramah lingkungan di IKN

Baca juga: OIKN: Mobilitas perkotaaan jadi tulang punggung transportasi di IKN

 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024