Jakarta (ANTARA) -
Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan partainya akan mengikuti keputusan Prabowo Subianto jika ingin menambah partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).
 
"Pak Prabowo mau nambah satu, mau dua, nambah tiga, nambah empat, kita ikuti," kata Herzaky saat ditemui di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu.
 
Ia mengatakan bahwa Partai Demokrat bersikap terbuka dan mendukung penuh setiap langkah Prabowo merangkul partai politik lain yang selama ini tidak bersama KIM.
 
"Bagi kami, yang penting program kita yang baik buat masyarakat, kita lakukan," katanya.
 
Prabowo Subianto dikabarkan akan berkunjung ke Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa setelah kegiatan penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Rabu.

Baca juga: AHY sebut sudah berkomitmen dengan Prabowo soal kabinet mendatang

KPU RI menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024.

Penetapan tersebut tertuang dalam berita acara nomor 252/PL.01.9-BA/05/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Mengenai rencana kunjungan Prabowo ke PKB, Herzaky menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo. "Ya itu terserah Pak Prabowo. Kalau Demokrat ikut," tambahnya.
 
Ia menambahkan bahwa Partai Demokrat sudah menyiapkan kader-kader terbaik jika diperlukan oleh Prabowo untuk membantu kinerja kabinet pemerintahan mendatang.

Baca juga: AHY: Partai Demokrat terima putusan PHPU MK dengan rasa syukur

Namun, ia belum bisa memaparkan nama-nama kader Demokrat yang disiapkan karena masih akan diputuskan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
 
"Pak Prabowo ini seorang yang sangat memegang teguh yang namanya komitmen. Beliau tahu yang berjuang bersama dengan beliau tentunya pasti ada," katanya.
 
Sebelumnya, AHY mengaku telah membuat komitmen dengan Prabowo Subianto tentang formasi kabinet pemerintahan mendatang.

Selain itu, AHY juga mengajak seluruh pihak untuk kembali melakukan rekonsiliasi setelah Pilpres 2024 berakhir.
 
"Mari kita percayakan sepenuhnya kepada beliau, jangan bebani Bapak Prabowo dengan tuntutan-tuntutan yang berlebihan," kata AHY.

Baca juga: AHY sebut Prabowo beri perintah siapkan kader Demokrat untuk kabinet

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024