Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi menyatakan bahwa DPR berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pemerintah untuk mengembangkan bisnis PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) (Indonesia Re) hingga ke tingkat regional.

“Untuk Indonesia Re kami sedang membenahi banyak hal, termasuk bagaimana penguatannya, permodalannya, coverage pasarnya, yang harus ditingkatkan lagi sehingga bisa menjadi pemain regional,” kata Fathan Subchi di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa industri keuangan, termasuk di dalamnya industri asuransi, merupakan salah satu industri yang penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Namun, ia menyoroti langkah mitigasi risiko maupun upaya reformasi dalam industri asuransi yang masih sangat terbatas dan belum sesuai dengan yang diharapkan.

“Kalau di industri perbankan mitigasi risikonya sudah sangat banyak sekali, tapi di bidang asuransi masih sangat terbatas,” ucap Fathan.

Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan pemerintah untuk menerapkan langkah-langkah transformatif dalam mengembangkan industri asuransi nasional, salah satunya dengan memberikan tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) dengan total Rp6 triliun dari pagu awal sebesar Rp20 triliun.

Menurutnya, dana tersebut diharapkan dapat digunakan oleh Indonesia Financial Group (IFG) sebagai holding BUMN asuransi untuk memperkuat kinerja BUMN asuransi agar dapat melayani masyarakat dengan baik, bertumbuh sehat dan menguntungkan, serta berkontribusi bagi bagi pendapatan negara.

Ia juga meminta para pelaku usaha untuk menerapkan tata kelola yang baik (good governance) agar tak ada lagi gagal bayar, wanprestasi, penipuan, penggelapan (fraud), maupun likuidasi entitas bisnis asuransi di Indonesia.

“Kami terus berkomitmen pada upaya ini supaya kita dapat mendorong industri asuransi Indonesia menjadi pemain di skala regional,” ujar Fathan.

Baca juga: Indonesia Re tingkatkan digitalisasi perkuat keterbukaan informasi
Baca juga: Indonesia Re raih penghargaan The Best Re-Insurance Company
Baca juga: Indonesia Re tingkatkan performa bisnis lewat inovasi digital

 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024