menerjunkan satu unit pompa bergerak berkapasitas 250 liter per detik
Jakarta (ANTARA) -
Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta menyebabkan Jalan Raya Jambore, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Selasa petang, banjir hingga 30 sentimeter (cm).
 
Banjir itu mengakibatkan arus kendaraan dari Arundina hingga Mall Cibubur Junction mengalami kemacetan. Begitu pun sebaliknya.
 
Puluhan personel gabungan Satgas Sumber Daya Air (SDA) dan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cibubur, langsung diterjunkan untuk menangani banjir yang terjadi sejak pukul 18.00 WIB, dengan menerjunkan satu unit pompa bergerak berkapasitas 250 liter per detik.
 
Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Cibubur, Heru Kristianto mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan delapan petugas PPSU karena di lokasi tersebut memang selalu banjir mana kala terjadi hujan deras.
 
"Untuk penanganan kita kerahkan delapan PPSU dan 10 personel Satgas SDA. Setiap hujan deras memang kami selalu siaga untuk mengantisipasi dan penanganan genangan di Jalan Jambore ini," ujar Heru.
 
Menurut dia, banjir itu juga disebabkan minimnya saluran pembuangan air serta adanya cekungan di jalan tersebut.
 
Sementara itu, Koordinator Satgas SDA Kecamatan Ciracas, Deby menambahkan jika kondisi cuaca sudah reda maka genangan ini dipastikan dalam waktu sekitar 30 menit sampai 60 menit langsung surut karena dipompa ke waduk Rawa Dongkal.
 
"Air dipompa ke saluran gendong yang ada di sisi Barat Jalan Jambore untuk dibuang ke Waduk Rawa Dongkal," jelasnya.
 
Pada pukul 18.40 WIB genangan mulai berangsur surut. Namun, penanganan masih dilakukan karena banjir masih sekitar 20-25 cm.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024