Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan Komandan Jenderal Komando Angkatan Darat Amerika Serikat di Pasifik (Danjen USARPAC) Jenderal Charles A. Flynn sepakat untuk meningkatkan kerja sama menjaga stabilitas di wilayah Asia-Pasifik.

Dalam pertemuan di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Senin, Maruli dan Flynn juga menjajaki peluang kerja sama bidang pendidikan, pertukaran prajurit, alih pengetahuan dan teknologi, latihan bersama, dan upaya kolaboratif antara TNI AD dan Angkatan Darat AS dalam meningkatkan pertahanan darat dua negara.

Sebagaimana disampaikan oleh Dinas Penerangan TNI AD (Dispenad) dalam siaran resminya yang dikonfirmasi di Jakarta, Senin, KSAD menyambut baik usulan kerja sama Danjen USARPAC.

Maruli juga menegaskan komitmen TNI AD untuk memperdalam kerja sama di bidang militer dengan USARPAC. Dia melanjutkan kunjungan Flynn ke Mabesad merupakan wujud kuatnya hubungan kerja sama dua negara.

Flynn dalam pertemuannya dengan Maruli juga mengapresiasi kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan AS, terutama dalam bidang militer.

Dia menekankan kerja sama lintas batas itu penting dalam memelihara perdamaian dan menjaga keamanan di kawasan. Flynn pun berkomitmen untuk terus melanjutkan dan memperkuat kerja sama militer dan hubungan baik antara USARPAC dengan TNI AD.

Flynn, dalam rangkaian lawatannya ke Jakarta berkunjung ke Mabesad, Jakarta, Senin. Di Mabesad, dia disambut oleh upacara militer dan jajar pasukan.

Dalam acara penyambutan itu, Flyn dan Maruli bersama-sama memeriksa kesiapan pasukan TNI AD yang berbaris di lapangan Mabesad.

Usai upacara, keduanya melanjutkan pertemuan di ruangan kerja KSAD. Di penghujung pertemuan, Flynn dan Maruli pun bertukar cinderamata.

USARPAC yang merupakan bagian dari Komando Pertahanan Militer AS di Indo-Pasifik (USINDOPACOM) bermarkas di Hawaii, Amerika Serikat. USARPAC terbentuk sejak 1898 dan saat ini membawahi beberapa wilayah di kawasan Pasifik seperti Alaska, Hawaii, Samudera Pasifik, Jepang, Korea Selatan.

Juga, beroperasi di beberapa wilayah di Asia Tenggara dan Asia Selatan seperti India dan Bangladesh. Jenderal Flynn, yang saat ini memimpin USARPAC, menjabat sejak 4 Juni 2021.
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024