Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Komjen Pol (P) Drs. Imam Sudjarwo tak memberi beban ke klub Jakarta Garuda Jaya selama ikut serta di kompetisi PLN Mobile Proliga 2024.

Klub Jakarta Garuda Jaya merupakan tim yang diproyeksikan untuk ajang Kejuaraan Voli Asia U-20 atau AVC Asian Volleyball Championship U-20 2024 namun diturunkan di Proliga 2024 guna menambah jam terbang pemain dan pengganti pelatihan nasional (pelatnas).

"Di Proliga 2024 yang paling penting mendapatkan pengalaman, maka kita tidak ambil pemain asing dua (sesuai slot), kita ambil pemain asing satu dengan harapan tim kita ini, anak-anak muda itu main terus, kalau perlu nanti hanya sekali-sekali. Pemain asing pun ambil dari Thailand. Nanti yang lebih main banyak adalah yang Garuda Jaya," kata Ketua Umum PBVSI Imam Sudjarwo seusai konferensi pers di Proliga 2024 di Jakarta, Senin.

Nantinya Jakarta Garuda Jaya akan melakukan seleksi pemain menggunakan sistem promosi degradasi. Rencananya tim ini akan digunakan dalam projek jangka panjang untuk menembus Olimpiade 2032 Brisbane.

Menurut Imam Sudjarwo, Garuda Jaya akan menjadi tim yang akan terus didaftarkan di Proliga termasuk di musim 2025 untuk pemberian jam terbang kepada para pemain muda di bawah usia 21 tahun.

Baca juga: PBVSI harap PLN Mobile Proliga 2024 berjalan lebih seru

"Tim ini kita persiapkan untuk pemain di bawah usia 21 tahun. Nanti yang berikutnya tetap kita berikan kesempatan untuk mengasah kemampuan dia dan keterampilannya tetap kita ikutkan di Proliga 2025 dan seterusnya tetap kita ikutkan," ujar Imam Sudjarwo.

Tim Garuda Jaya ini merupakan program pembinaan PBVSI untuk membentuk pemain profesional mulai dari usia di bawah 17 tahun yang akan ditangani oleh pelatih voli FIVB (Federasi Voli Dunia).

Di Proliga 2024, Garuda Jaya akan menantang juara bertahan Jakarta LavAni pada pertandingan perdana yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Kamis (25/4).

Baca juga: Jakarta LavAni lawan Garuda Jaya jadi pembuka Proliga 2024
Baca juga: Megawati siap bidik gelar juara Proliga perdana

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024