Keadaan pasar industri data center saat ini masih berkembang dengan sangat baik
Jakarta (ANTARA) - VP of Market Development and Sales Strategy PT DCI Indonesia Tbk Abieta Billy menuturkan bahwa potensi perkembangan industri layanan pusat data (data center) di Indonesia masih sangat besar, mengingat kapasitasnya baru mencapai 200 megawatt (MW).

“Indonesia dengan 270 juta penduduk memerlukan kapasitas data center kurang lebih 2.200 MW, sedangkan di Indonesia saat ini kapasitasnya masih hanya sekitar 200 MW,” kata Abieta Billy dalam "Public Expose 2024" yang diikuti secara daring dari Jakarta, Senin.

Menurutnya, dibandingkan dengan Jepang, kapasitas data center di Indonesia masih lebih kecil. Kapasitas fasilitas pusat data di Jepang telah mencapai 7 hingga 8 watt per kapita, sementara di Indonesia masih 1 watt per kapita.

Hal tersebut menunjukkan bahwa masih ada ruang yang sangat besar bagi pertumbuhan industri data center Indonesia di masa depan, bahkan diproyeksikan mencapai dua digit setiap tahunnya.

“Keadaan pasar industri data center saat ini masih berkembang dengan sangat baik, terbukti dengan statistik berbagai macam sumber bahwa pertumbuhan industri data center itu masih berkembang dengan double digit setiap tahunnya,” ujar Abieta.

Dengan prospek yang baik tersebut, pihaknya pun mempertimbangkan untuk berinvestasi mendirikan fasilitas pusat data di lokasi lainnya di luar tiga lokasi yang telah dibangun, yakni Jakarta, Cibitung, dan Karawang.

Selain itu, tahun ini DCI Indonesia juga menargetkan ekspansi kapasitas fasilitas pusat datanya sebesar 36 MW dengan menyelesaikan pengembangan Gedung JK6 sebagai gedung kelima di kompleks data center Cibitung.

Ini akan membuat kapasitas total DCI Indonesia yang mencapai 83 MW pada akhir 2023 menjadi 119 MW pada akhir 2024,” ucap Abieta.

Baca juga: DCI berencana habiskan Rp1 triliun untuk ekspansi pusat data tahun ini
Baca juga: Telkom berencana menjalin kemitraan untuk monetisasi pusat data


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024