Moskow (ANTARA) - Pemimpin majelis rendah Dewan Rakyat Inggris pada Minggu (21/4) menyarankan Perdana Menteri Rishi Sunak mendanai pembuatan sistem pertahanan udara nasional yang menyerupai sistem pertahanan udara Iron Dome milik Israel.

"Kepada mereka yang berpendapat tentang ambisi pertahanan kita bahwa 'kita tidak bisa melakukan, tidak seharusnya melakukan atau tidak mampu melakukan', saya katakan 'lihatlah Israel',"  kata Penny Mordaunt dalam tulisannya di surat kabar The Sunday Telegraph.

"... sebuah negara yang hanya luasnya hanya sepersekian dari negara kita, tetapi mampu mencegah serangan dari suatu negara yang ukurannya 10 kali lebih besar," katanya lagi ketika menyebut Israel.

Mantan menteri pertahanan tersebut menegaskan bahwa meskipun Inggris tidak memiliki "ancaman sehari-hari" seperti Iran, tetapi "kita memiliki kewajiban yang sama terhadap warga negara kita."

"Pertahanan Israel adalah pertahanan kita, dan kita harus siap membela sekutu kita dengan cara yang sama seperti kita membela diri, seperti yang kita lakukan akhir pekan lalu," katanya, menegaskan.

Mordaunt mengacu pada serangan pesawat tak berawak dan rudal yang dilancarkan Iran ke Israel pada 13 April.

The Telegraph melaporkan bahwa seruan publik Mordaunt kepada Sunak adalah intervensi kedua yang dilakukannya di bidang pertahanan, yang diperkirakan akan menjadi agenda utama dalam kontes kepemimpinan Konservatif berikutnya.

Sebelumnya, Mordaunt telah dua kali gagal mencalonkan diri menjadi perdana menteri pada 2022.

Sumber: Sputnik

Baca juga: AS akan beli sistem senjata Iron Dome dari Israel

Baca juga: PM Israel-Presiden AS bahas soal Iran, Ukraina dan Rusia


 

Israel dan AS rampungkan uji coba sistem rudal antibalistik Arrow-3

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024