Kutai Kartanegara (ANTARA) - Berada di perbukitan Kutai Lama, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, terdapat objek menawan bernama Negeri Jahetan Layar. Objek wisata ini tak ubahnya surga bagi para petualang dan pecinta panorama alam yang memukau.

Sebagai tanah leluhur peninggalan Kerajaan Kutai, Negeri Jahetan Layar menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan, penuh dengan keseruan, keindahan, dan ketenangan.

Begitu memasuki kawasan Negeri Jahetan Layar, para pengunjung disambut oleh bangunan kafe yang unik. Berbeda dari kafe kebanyakan, bangunan ini didesain menyerupai replika kapal layar yang gagah, seakan kita masuk ke nuansa bahari dari puncak jenggala. Suasana ini langsung membawa pengunjung seolah tengah berlayar menuju petualangan seru di puncak bukit.

Angin pegunungan kian terasa dengan pemandangan yang tersaji di sekelilingnya. Hutan nan hijau membentang luas menjadi permadani alam yang menyejukkan mata. Sungai Mahakam yang legendaris pun turut mempercantik panorama, alirannya yang meliuk-liuk bak ular raksasa seolah menjadi penjaga setia negeri ini.

Menikmati secangkir kopi atau teh hangat di kafe kapal layar ini sambil memandangi perpaduan harmonis antara alam dan arsitektur bangunannya adalah cara sempurna untuk mengawali petualangan di Negeri Jahetan Layar.

Pengunjung merasakan sejuknya mengirup udara segar di bukit yang tak terkontaminasi polusi, merasakan embusan angin sepoi-sepoi yang membelai lembut, dan kicauan burung-burung liar bak musik alam yang menenangkan pikiran.

"Di sini kami menyediakan berbagai pilihan akomodasi untuk para pengunjung, mulai dari vila suite hingga family room. Fasilitas yang ditawarkan di akomodasi ini pun terbilang lengkap, seperti penyejuk ruangan, televisi, jaringan internet, dan toilet," ujar Sultan, pengelola objek wisata Negeri Jahetan Layar.


Dengan ATV

Bagi para pecinta adrenalin, Negeri Jahetan Layar tak hanya menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata, tetapi juga wahana yang memacu detak jantung. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah petualangan seru dengan kendaraan all terrain vehicle (ATV). Di sini, pengunjung bisa berkeliling menjelajahi rute meliuk-liuk dan menanjak, dengan panjang track sekira 15 kilometer.

Tak perlu jauh-jauh ke Ubud, Bali, untuk merasakan keseruan offroad ATV. Di Negeri Jahetan Layar, Kalimantan Timur, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman yang tak kalah menegangkan. Dipandu oleh tim pengelola yang berpengalaman, mereka akan diajak melintasi berbagai jalur yang menantang, mulai dari jalanan tanah berbatu, tanjakan curam, permukiman warga, hingga area berpasir.

Perjalanan dengan ATV ini bukan sekadar memacu adrenalin, tetapi juga menjadi kesempatan untuk menyatu dengan alam. Pengunjung akan diajak melewati berbagai titik menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa di antaranya Mata Air Raja yang konon, mata air ini dipercaya sebagai sumber air minum raja-raja Kutai, dahulu kala. Kesegaran airnya yang alami bisa menjadi pelepas dahaga yang sempurna di tengah petualangan dengan ATV.

Titik lainnya adalah Gunung Stelling, titik tertinggi di jalur ini, membawa pengunjung ke puncak bukit dengan pemandangan perkampungan asri serta kehidupan Sungai Mahakam. Hamparan perbukitan Anggana yang hijau membentang luas serta Sungai Mahakam yang terlihat bak pita perak di kejauhan akan membuat takjub.

Di tengah perjalanan, pengunjung dibawa ke area yang luas dengan hamparan pasir putih dipadu gunung batu. Area ini bisa menjadi tempat persinggahan yang tepat untuk beristirahat sejenak, sambil menikmati pemandangan dan berfoto-foto serta beratraksi dengan ATV.
Para pengunjung saat menjelajahi puncak Melayang Hill Negeri jahetan Layar dengan mengendarai ATV. (ANTARA/Ahmad Rifandi)

Pada titik Melayang Hill, pamungkas dari penjelajahan ATV inilah pengunjung bisa menyaksikan keindahan Negeri Jahetan Layar secara keseluruhan. Pemandangan matahari terbenam (sunset) dari puncak bukit ini pun menyuguhkan kemolekannya. Langit yang dipenuhi gradasi warna jingga, merah, dan ungu berpadu dengan siluet pergunungan dan aliran sungai Mahakam yang berkilauan menciptakan momen indah di ufuk barat.

Tak hanya ATV, Negeri Jahetan Layar juga menyediakan sirkuit khusus bagi para pecinta motor trail. Sirkuit ini menawarkan lintasan yang menantang dengan berbagai tikungan dan rintangan yang siap menguji kemampuan dalam mengendalikan motor trail.

"Sirkuit ini disewakan dengan harga yang terjangkau, sehingga para pecinta olahraga menantang ini bisa menyalurkan hobi mereka dengan puas," ucap Sultan.

Bagi pengunjung yang rindu suasana alam tenang dan ingin merasakan sensasi bermalam di bawah hamparan bintang, Negeri Jahetan Layar menawarkan paket camping. Di sini, pengunjung bisa mendirikan tenda di area camping yang telah disediakan di titik puncak, jauh dari ingar keramaian kota.

Mereka bisa menikmati malam di depan api unggun, merasakan kehangatannya dengan menikmati secangkir kopi atau teh hangat sambil bercengkrama dengan keluarga, kerabat, atau handai taulan.
Para pengunjung Negeri Jahetan Layar menikmati pemandangan rimba dan perkampungan Kutai Lama di malam hari dari puncak bangunan kafe dengan replika kapal layar. (ANTARA/Ahmad Rifandi)

Di pagi hari, pemandangan alam yang indah di sekitar area camping memanjakan mata dan menjadi awal yang sempurna untuk memulai hari. Terkadang muncul pemandangan puncak yang menawan seperti negeri di atas awan.

Negeri Jahetan Layar juga menyediakan berbagai fasilitas dan pilihan wahana yang menarik untuk berbagai usia. Bagi yang ingin mengadakan acara spesial bersama keluarga, teman, atau rekan kerja, Negeri Jahetan Layar menyediakan paket event komunitas atau family gathering dengan fasilitas panggung hiburan yang lengkap.

Di sini, bisa menggelar berbagai acara, seperti reuni, pesta ulang tahun, atau gathering dengan suasana yang berbeda dan tak terlupakan. Pemandangan alam yang indah dan udara segar pergunungan akan menjadi latar belakang yang sempurna untuk sebuah acara.


Pengalaman menyenangkan

Muhammad Hadi Winata, pengunjung Negeri Jahetan Layar, terkesan dengan berbagai sarana menarik yang cocok untuk liburan keluarga, terutama di akhir pekan.

"Ini luar biasa. Negeri Jahetan Layar memiliki berbagai wahana wisata yang cocok untuk segala usia," tuturnya.
Negeri Jahetan Layar juga membuka layanan family gathering atau ajang komunitas. (ANTARA/Ahmad Rifandi)

Ia, yang kali kedua mengunjungi Negeri Jahetan Layar, mengamati ada peningkatan objek yang memberikan pengalaman terbaru dan terbaik bagi pengunjung.

Penginapan berupa villa pun menawarkan suasana yang nyaman dan tenang, ideal untuk bersantai dan melepas penat bersama keluarga.

"Aktivitas ATV yang saya coba, awalnya terasa menegangkan, namun menjadi pengalaman yang seru dan rasanya tak sah jika ke sini melewatkan wahana itu," ucap Hadi.

Pemandu wisata yang profesional dan ramah memastikan kenyamanan dan keamanan pengunjung selama menjelajahi hutan di pergunungan Borneo dengan ATV.

Negeri Jahetan Layar dengan berbagai wahana yang menarik bisa menjadi pilihan tepat untuk liburan keluarga. Suasana yang nyaman, aktivitas yang seru, dan harga yang terjangkau menjadikan objek wisata ini sebagai tempat yang ideal untuk merasakan keasyikan bersama keluarga.

 

Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2024