Pertamina turut mendukung dan berkolaborasi berbagai pihak melalui Program TJSL untuk meningkatkan stabilitas lingkungan.
Palembang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) melakukan sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari pada pekan ketiga April 2024 di Desa Pulau Semambu, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

"Pada tahun ini tim kami gencar melakukan kegiatan sosialisasi Proklim Lestari di wilayah operasional Sumbagsel meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, dan Lampung untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan mendorong mereka berpartisipasi melakukan berbagai kegiatan pelestarian iklim lingkungan," kata Senior Supervisor CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Dila Amanda Kenniza, di Palembang, Ahad.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan sosialisasi itu pihaknya mengusung tema "Sukses Menuju Proklim Lestari 2024".

Khusus kegiatan sosialisasi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, selain untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat pelestarian iklim lingkungan, juga
bertujuan untuk mencapai predikat Proklim Lestari Desa Pulau Semambu pada 2024 ini.

"Melalui sosialisasi ini, diharapkan Desa Pulau Semambu dapat terus berkembang menuju pencapaian predikat Proklim Lestari," ujarnya.

Menurut Dila, Pertamina turut mendukung dan berkolaborasi dengan berbagai pihak melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk meningkatkan stabilitas lingkungan.

Program tersebut telah memiliki pencapaian yang sangat baik, oleh karena itu pihaknya akan terus memberikan dukungan melalui kolaborasi bersama pemerintah untuk mewujudkan program pelestarian iklim lingkungan.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menggandeng 32 desa, di antaranya terdapat dua desa yang telah berhasil mendapatkan penghargaan Proklim Utama.

Penghargaan ini merupakan amanah dan sekaligus wujud kepedulian Pertamina dalam menjalankan pemberdayaan masyarakat untuk bisa bersama-sama menjaga lingkungan.

Melalui program tersebut, diharapkan terus meningkatkan pemberdayaan dan perekonomian masyarakat, agar masyarakat siap untuk merespon adanya perubahan iklim dengan empat aspek dukungan keberlanjutan seperti aspek ekonomi dengan usaha kelompok dalam menggalang sumber pendanaan.

Kemudian aspek manajemen SDM dengan regenerasi kewenangan dan keterampilan, aspek kebijakan dengan adanya dukungan pemerintah untuk penguatan publikasi dan promosi, serta aspek jejaring yaitu kemampuan lokasi Proklim untuk akses jaringan, kata Dila.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan menambahkan pihaknya terus berkomitmen melakukan pembinaan kepada masyarakat melalui Program TJSL khususnya di wilayah Sumbagsel.

"Harapannya, Pertamina Sumbagsel dapat terus berkelanjutan untuk mendukung Proklim, dan terus berkontribusi lebih kepada masyarakat baik di sekitar wilayah operasional maupun Indonesia secara umum," ujarnya.

Apabila mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs) melalui Program Kampung Iklim, Pertamina mendukung tujuan ke-13 yakni penanganan perubahan iklim.

Penghargaan apresiasi pendukung Program Kampung Iklim di tahun 2023 memberikan pengakuan bahwa Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah merealisasikan komitmen yang diharapkan dapat menjadi suatu strategi yang baik dalam upaya pengendalian perubahan iklim sebagai langkah menyelamatkan bumi, jelas Nikho.

Sementara Kepala Desa Pulau Semambu Eka mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang terus memberikan ilmu dan pengetahuan pelestarian iklim lingkungan kepada masyarakat desanya.

“Sosialisasi Proklim yang terus dilakukan Pertamina dari tahun 2022, dan pada 2024 ini akan menjurus ke Predikat Lestari. Semoga Desa Pulau Semambu dapat meraih Predikat Proklim Lestari. Berkat binaan CSR Pertamina, kami semua bisa terus untuk selalu bermanfaat dalam melestarikan lingkungan,” harap Kades Eka.
Baca juga: Pertamina Patra Niaga Sumbagsel ubah penampilan 35 SPBU layani pemudik
Baca juga: Pertamina Sumbagsel pastikan distribusi BBM lancar saat arus balik
Baca juga: Pertamina beri sanksi SPBU di Muara Enim penyalahgunaan BBM subsidi

 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024