Perjalanan ini manifestasi nyata kesiapan dan keandalan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, khususnya dalam mendukung perjalanan jarak jauh
Jakarta (ANTARA) - PLN Icon Plus mengadakan perjalanan kendaraan listrik bertajuk “EV Journey” dari Jakarta menuju Mandialika untuk mengujicobakan kesiapan kendaraan listrik dalam menempuh perjalanan jarak jauh.

“Perjalanan ini merupakan manifestasi nyata dari kesiapan dan keandalan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, khususnya dalam mendukung perjalanan jarak jauh,” kata Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi di Jakarta, Minggu.

Perjalanan ini menempuh jarak sekitar 1.375 kilometer dengan melibatkan 27 peserta yang menggunakan 9 mobil listrik dari 6 merek berbeda, seperti Neta, Chery, Wuling, Hyundai, MG.dan BYD.

Para peserta akan melewati 7 check point dan 75 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di sepanjang rute perjalanan.

Perjalanan dimulai dari Kantor PLN Icon Plus di Mampang Jakarta, dan melintasi beberapa kota besar seperti Surabaya dan Banyuwangi, sebelum memasuki wilayah Bali hingga akhirnya tiba di Mandalika Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Inisiatif ini merupakan bagian dari kolaborasi antar agen tunggal pemegang merek (ATPM) kendaraan listrik di Indonesia, menunjukkan komitmen bersama dalam membangun ekosistem kendaraan listrik yang andal.

Baca juga: PLN Icon Plus perkuat 1.299 unit SPKLU di rute Palembang-Banyuwangi

Baca juga: PLN Icon Plus persiapkan kelancaran jaringan komunikasi selama Lebaran


Kegiatan EV Journey ini merupakan salah satu upaya PLN Icon Plus membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, sekaligus menegaskan bahwa infrastruktur pendukung telah siap untuk mendorong masyarakat beralih ke energi hijau.

“Kami juga berkomitmen untuk mempermudah pengguna dengan dukungan fitur di aplikasi PLN Mobile yang dapat mengecek lokasi SPKLU terdekat, mendukung transformasi energi hijau yang berkelanjutan,” ujar Ari.

Ari menambahkan PLN Icon Plus juga terus membuka kesempatan berkolaborasi dengan berbagai mitra untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Baca juga: PLN Icon Plus siagakan 243 kru jamin keandalan jaringan saat lebaran

Baca juga: PLN Icon Plus dekatkan layanan internet bagi santri di Makassar


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024