Jakarta (ANTARA) - Google pada 2024 ini menghebohkan para penggemar teknologi dengan menghadirkan fitur baru bernama "Circle to Search" yang pada peluncurannya dikenalkan lewat Samsung Galaxy S24 series dan kini juga tersedia di Google Pixel.

"Circle to Search" dikenalkan sebagai fitur yang memungkinkan pengguna lebih cepat mencari informasi mengenai sesuatu yang ada di layar gawai penggunanya tanpa harus berpindah-pindah aplikasi.

Menurut pembocor teknologi AssembleDebug, ternyata dalam waktu dekat "Circle to Search" bakal mendapatkan peningkatan fungsi yang tentunya bakal berguna.

Baca juga: Google luncurkan fitur "Tentang Gambar Ini" dalam Bahasa Indonesia

Ia menyebutkan setidaknya ada dua fungsi baru yang ditambahkan yaitu "Copy Image" dan "Share Image".

Fungsi pertama ialah opsi "Copy Image" atau Salin Gambar. Saat digunakan nantinya opsi itu hanya akan menangkap bagian yang dilingkari sebagai tangkapan layar dan pengguna akan diarahkan ke fitur sederhana untuk menyunting gambar.

Pengguna bisa memilih untuk mengedit gambar lebih lanjut dan kemudian menyalinnya dan membaginya di aplikasi yang didukung.

Baca juga: Google rilis fitur pencarian berbasis gambar baru untuk ponsel Android

Lalu akan ada opsi "Share Image" yang setelah dipilih pengguna bakal membantunya untuk secara cepat membagikan tangkapan layar ke aplikasi-aplikasi lainnya seperti aplikasi media sosial, pesan instan, dan juga penyimpanan cloud.

Tentunya fitur ini berguna karena menghemat waktu dan kerumitan pengguna saat ingin berbagi tangkapan layar tanpa harus berpindah-pindah aplikasi.

Bersamaan dengan dua opsi itu, opsi yang sebelumnya eksis yaitu "Select Text" tetap dipertahankan sehingga pengguna bisa dengan mudah memilih dan mencari informasi dalam bentuk teks.

Baca juga: Google Maps perkenalkan fitur AI generatif bantu temukan tempat baru

Selain dua fungsi baru, AssembleDebug juga menyoroti bahwa "Circle to Search" bakal menghadirkan tampilan pencarian yang baru.

Jika dahulu tampilan pencariannya berbentuk persegi bulat, Google dalam pembaruannya bakal menghadirkan tampilan yang lebih kokoh berbentuk persegi.

Peningkatan fitur "Circle to Search" itu mungkin hadir dalam waktu dekat di ponsel Samsung Galaxy dan Google Pixels yang sudah bisa mengakses fitur tersebut. Demikian dilaporkan oleh Piunikaweb, Sabtu (20/4). 

Baca juga: Google hadirkan opsi pengguna Pixels bisa perbaiki ponselnya sendiri

Baca juga: Google tengah kembangkan fitur "Clear Calling" untuk ponsel pintar

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024