Jakarta (ANTARA) - Dengver Nuggets lagi-lagi mengalahkan Los Angeles Lakers di laga pertama babak playoff NBA Wilayah Barat dengan skor 114-103 dalam laga di Ball Arena Denver Colorado, Minggu WIB, sekaligus memperpanjang rekor kemenangan mereka menjadi sembilan kali berturut-turut.

Pertandingan ini adalah pengulangan dari babak Final NBA Wilayah Barat 2023 di mana Nuggets menyapu bersih Lakers dengan keunggulan 4-0. Jika dihitung dari musim reguler, Lakers tidak pernah menang melawan Nuggets sejak 9 Januari 2023.

Di musim reguler, Nuggets menang empat kali beruntun dan ditambah pada babak playoff sang juara bertahan masih unggul lima kali secara beruntun.

Nikola Jokic mencetak 32 poin dan 12 rebound. Dua pemain Nuggets lainnya juga membukukan double-double yaitu Jamal Murray 22 poin serta 10 assist, dan Anthony Gordon 12 poin dan 11 rebound. Sementara Michael Porter Jr. nyaris mencetak double-double dengan 19 poin dan 8 rebound.

Baca juga: Jokic 42 poin, Nuggets kalahkan Spurs untuk puncaki Wilayah Barat

James menyumbang 27 poin untuk Los Angeles Lakers, dan Anthony Davis menyumbang 32 poin serta 14 rebound. Selain Lakers yang kalah dari Nuggets untuk kesembilan kalinya berturut-turut, Denver juga memberikan kekalahan pada LeBron James untuk ketiga kalinya dalam pertandingan pembuka putaran pertama babak playoff selama enam musim bersama Lakers.

Kentavious Caldwell-Pope, yang mencetak total 12 poinnya setelah turun minum, membuat tiga kali lemparan tripoin dalam laju 13-0 yang digunakan Nuggets untuk mengambil alih kendali pada kuarter ketiga. Dominasi Lakers yang bisa unggul sampai 15 poin di babak pertama dipatahkan oleh Nuggets di babak kedua.

Porter tetap bermain di lapangan, meskipun dia mendapatkan kabar pahit untuk keluarganya lantaran adik laki-lakinya dijatuhi hukuman enam tahun penjara karena kecelakaan mengemudi dalam keadaan mabuk.

Baca juga: Kalahkan Pelicans 110-106, Lakers melaju ke babak playoff
Baca juga: Sederet bintang NBA akhiri penantian panjang kembali dari cedera

“Ada banyak hal yang terjadi di luar lapangan untuk Michal Porter Jr. dan keluarganya,” kata Malone seperti dikutip laman resmi NBA. “Ini memungkinkan dia untuk kembali melakukan sesuatu yang tidak hanya dia sukai tetapi juga yang dia lakukan dengan sangat-sangat baik," katanya.

Nuggets berusaha menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan gelar NBA sejak Golden State Warriors melakukannya enam tahun lalu.

Denver menyapu bersih Lakers di final Wilayah Barat musim lalu, langkah terakhir yang harus diselesaikan Nuggets sebelum meraih gelar NBA pertama mereka.

Sementara Lakers belum pernah mengalahkan Nuggets sejak 16 Desember 2022. Lakers masih memiliki kesempatan mengalahkan Nuggets pada tiga sampai enam laga di putaran pertama playoff Wilayah Barat.
   

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024